Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

iPhone 16 Dikabarkan Akan Memiliki Memori Lebih Besar, Buat Apa?

KOMPAS.com - Pabrikan ponsel Apple dirumorkan bakal meningkatkan kapasitas RAM dan media internal di iPhone 16 yang akan datang. Hal tersebut diungkapkan oleh pembocor gadget (tipster) asal Korea Selatan di akun sosial media X (sebelumnya Twitter), @Tech_Reve.

Akun X @Tech_Reve mendadak hilang tak lama setelah mengedarkan bocoran tersebut. Penyebabnya tak diketahui, tapi informasi tentang memori iPhone 16 yang meningkat sudah kadung diketahui.

Disebutkan bahwa model dasar (paling bawah) dari iPhone 16 akan dibekali RAM berkapasitas 8 GB. Jumlah tersebut lebih besar 2 GB dari RAM iPhone 15 sebelumnya yang sebesar 6 GB.

Media internal iPhone 16 kabarnya juga turut ditingkatkan secara signifikan dibandingkan dengan model sebelumnya, menjadi paling kecil 256 GB atau naik dua kali lipat dibandingkan iPhone 15.

Peningkatan RAM dan storage ini konon dimaksudkan untuk memastikan fitur andalan baru iOS 18, yakni kecerdasan buatan alias AI, bisa bekerja dengan optimal ketika dijalankan secara langsung di perangkat iPhone 16 alias on-device.

Dirumorkan juga bahwa Apple tengah meneliti penggunaan NAND flash untuk mendukung kerja AI yang besar, bukannya RAM. Jika benar, skenario ini mungkin akan ideal mengingat sumber daya yang dikonsumsi cukup besar untuk proses AI.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari TechRadar, Kamis (28/3/2024), iOS 18 memang sudah sering dikabarkan bakal menjadi OS Apple pertama yang memanfaatkan AI.

Mengingat bahwa pesaing utama iPhone, seperti Google Pixel 8 Pro dan Samsung Galaxy S24 yang berbasis Android sudah memanfaatkan AI, maka mungkin saja iPhone 16 yang bakal hadir nantinya juga telah dilengkapi dengan AI pada saat diluncurkan.

https://tekno.kompas.com/read/2024/03/28/08010007/iphone-16-dikabarkan-akan-memiliki-memori-lebih-besar-buat-apa-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke