Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Fitur AI "Circle to Search" Kini Bisa Terjemahkan Kalimat Instan

Fitur Circle to Search pertama kali debut lewat trio Samsung Galaxy S24 series pada pertengahan Januari lalu. Kini, fitur ini sudah digelontorkan ke lebih banyak HP termasuk ke lini Samsung S23 series, Samsung Galaxy Z Fold 5 dan Z Flip 5, serta smartphone Google Pixel 6 atau yang lebih baru.

Pada awal kehadirannya, fitur AI ini menawarkan cara baru "googling" di smartphone dengan lebih mudah dan instan.

Fitur ini bakal memudahkan pengguna ketika ingin mencari suatu hal, tapi tidak tahu kata kunci yang tepat untuk mencarinya. Caranya, pengguna perlu menekan tombol home/beranda selama beberapa waktu untuk mengaktifkan Circle to Search.

Di sini, pengguna akan melihat ikon seperti kolom Google Search, lengkap dengan ikon mikrofon dan Google Lens.

Biasanya, pengguna tinggal melingkari, menggarisbawahi, menyorot, atau menekan apa pun yang ada di layar. Semua hal ini dilakukan tanpa perlu membuka browser Google Chrome atau membuka Google Lens.

Setelah menunggu tak sampai 5 detik, Circle to Search pun memberikan hasil pencarian yang relevan melalui jendela pop-up Google.

Jadi, semisal, pengguna menemukan situs/konten berbahasa asing, seperti Korea, Hindi, Jepang, dan lain sebagainya ketika berselancar di internet, pengguna bisa memanggil "Circle to Search" dan mengeklik ikon translate tadi untuk menerjemahkannya secara instan.

Fitur translate di Circle to Search ini akan mendeteksi bahasa asal secara otomatis. Pengguna bisa memilih bahasa tujuan sesuai keinginan. Secara umum, cara kerja fitur ini sama persis seperti melakukan transalte di Google Translate atau Google Lens.

Hanya saja, kehadiran fitur translate di Circle to Search ini bakal semakin memudahkan pengguna dalam menerjemahkan bahasa. Sebab, pengguna tidak perlu lagi melakukan copy-paste, membuka situs Google Translate, apalagi mengambil screenshot lalu diterjemahkan di Google Lens.

Pantauan KompasTekno, Jumat (12/4/2024), kemampuan translate di Circle to Search ini belum tersedia di ponsel Samsung Galaxy S24 Ultra di Indonesia.

Biasanya fitur baru digelontorkan secara bertahap. Jadi, kemungkinan fitur ini baru bisa dinikmati oleh pengguna dalam beberapa waktu ke depan.

Beberapa skenario pengguna Circle to Search bisa disimak melalui video TikTok di bawah ini.

https://tekno.kompas.com/read/2024/04/12/07010007/fitur-ai-circle-to-search-kini-bisa-terjemahkan-kalimat-instan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke