Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kenapa Nomor Telepon Tidak Bisa Daftar WhatsApp? Begini Penjelasannya

KOMPAS.com - WhatsApp meminta nomor telepon sebagai syarat pendaftaran pengguna untuk memastikan keamanan dan autentikasi identitas. Dengan menggunakan nomor telepon sebagai identifikasi unik, WhatsApp dapat memverifikasi setiap pengguna yang mendaftar, memastikan bahwa setiap akun terhubung dengan individu yang sah.

Selain itu, dengan menggunakan nomor telepon, WhatsApp dapat dengan mudah menghubungkan pengguna dengan kontak mereka yang sudah terdaftar di ponsel mereka, memungkinkan komunikasi yang mudah dan cepat antar pengguna.

Kendati demikian tak jarang sebagian pengguna tidak bisa menghubungkan nomor ponselnya dengan lancar saat mendaftar di aplikasi. Umumnya akan muncul notifikasi “Can’t register this phone number,”

Lantas mengapa hal ini terjadi? Selengkapnya berikut ini penjelasan dan cara mengatasinya.

Penyebab nomor tidak bisa daftar WhatsApp

Berikut ini beberapa kemungkinan penyebab nomor telepon tidak bisa daftar WhatsApp.

Nomor tidak valid

Jika Anda mengalami masalah dengan nomor telepon yang tidak valid, ada beberapa hal yang perlu diperiksa. Pertama, pastikan Anda memasukkan nomor telepon dengan benar, termasuk kode negara.

Hal ini penting karena WhatsApp menggunakan nomor telepon sebagai identifikasi unik. Selanjutnya, pastikan nomor telepon yang Anda masukkan masih aktif dan dapat dihubungi.

Koneksi internet tidak stabil

Salah satu penyebab nomor telepon tidak bisa mendaftar di aplikasi WA bisa jadi karena kesalahan pada pada koneksi internet yang tidak stabil. Cek koneksi internet yang terhubung pada ponsel Anda kembali.

Nomor diblokir

Salah satu alasan mengapa nomor telepon Anda mungkin tidak dapat didaftarkan kembali di WhatsApp adalah jika Anda pernah mengalami pemblokiran sebelumnya oleh platform tersebut.

Ketika akun Anda diblokir, kemungkinan besar Anda tidak akan dapat menggunakan nomor yang sama untuk mendaftar kembali.

WhatsApp memiliki kebijakan ketat terkait pelanggaran aturan penggunaan, dan pemblokiran bisa terjadi karena berbagai alasan seperti penggunaan yang melanggar ketentuan layanan atau penyalahgunaan platform.

Cara mengatasi nomor yang tidak bisa daftar WhatsApp

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ambil untuk mengatasi kesulitan dalam mendaftarkan nomor telepon di WhatsApp:

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno.

Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

https://tekno.kompas.com/read/2024/04/12/16150027/kenapa-nomor-telepon-tidak-bisa-daftar-whatsapp-begini-penjelasannya-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke