Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tim Cook ke Indonesia, Netizen Minta Buka Toko Fisik Apple Store

Menurut Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi, keduanya akan membicarakan soal investasi di Tanah Air.

Tim Cook sendiri sudah tiba di Indonesia sejak Selasa (16/4/2024) kemarin. Ia bahkan mengunggah momen kedatangannya di media sosial X (dahulu Twitter) pada Selasa malam. Dalam foto yang diunggah, ia tampak sedang menyantap satai (sate) ayam bersama kreator konten Sofyan Pratama.

"Halo Indonesia, apa kabar? Makan sate ayam dengan fotografer iPhone Sofyan Pratama cocok untuk memulai hari saya di Jakarta," tulis akun resmi dengan handle @timcook.

Netizen Indonesia menuliskan ucapan salam dan selamat datang kepada Tim Cook di kolom balasan posting tersebut. Bahkan tidak sedikit netizen Indonesia yang menyampaikan permintaan kepada orang nomor satu Apple tersebut, yaitu meminta membuka Apple Store di Tanah Air.

Seperti yang diketahui, Apple belum memiliki pabrik dan toko fisik Apple Store di Indonesia. Dengan begitu, produk-produk Apple yang dijual di Indonesia disalurkan melalui distributor resmi.

Salah satu permintaan itu datang dari pengguna X dengan handle @aldhiez. Ia mengatakan tidak meminta banyak hal dari Apple, yang penting raksasa teknologi itu mendirikan Apple Store di Jakarta.

Kemudian pengguna dengan handle @br0wski mengharapkan adanya orang yang menyarankan kehadiran Apple Store di Indonesia, saat bertemu dengan Tim Cook.

Terdapat juga pengguna dengan handle @heyho8860 yang mengeluhkan kualitas program penyedia servis resmi Apple (AASP), dan mengharapkan adanya Apple Store resmi.

Pengguna lainnya dengan handle @aaddiinnddaa__ mengatakan bahwa Apple Store seharusnya juga didirikan di Indonesia.

Komentar yang senada juga diutarakan oleh pengguna dengan handle @ikhwanuddin, @woleshwoosh, @aldoferly, @papaojol, @quant_maxi, @willytbk, dan masih banyak lagi.

Di Indonesia, Apple menjadi salah satu vendor yang memiliki pangsa besar untuk pasar smartphone kelas atas.

Menurut Youtuber teknologi dari kanal Bestindotech, Malvin, kehadiran Apple Store di Indonesia akan meningkatkan kenyamanan layanan purnajual (after sales) produk Apple di Tanah Air.

Layanan purnajual kerap menjadi masalah tersendiri bagi para pembeli produk Apple di Indonesia. Sebab, layanan yang meliputi perbaikan, penggantian suku cadang, dan lain-lain ini tidak ditangani secara langsung oleh Apple.

Karena produk-produk Apple di Indonesia saat ini dijual oleh distributor resmi, proses perbaikan, pembelian suku cadang, dll kerap memakan waktu.

Menurut Malvin, layanan after sales produk Apple yang ada di Indonesia, seperti iPhone, iPad, hingga Macbook, saat ini dianggap belum cukup memadai dan membuat pemilik produk-produk Apple tersebut nyaman.

Hal senada diungkapkan dua Youtuber teknologi lainnya yaitu Putu Reza (Reza) dari kanal @projectreview dan Satish dari kanal K2G.

Reza menyebut kehadiran Apple Store akan mengatasi segala keluhan dari layanan after sales yang berasal dari para pemilik produk Apple.

Sementara itu, Satish berpendapat kehadiran Apple Store akan turut meminimalisasi informasi keliru terkait garansi atau asuransi produk, serta biaya tambahan yang dibebankan ke pengguna untuk sekadar menikmati layanan after sales Apple.

Selain memperbaiki layanan purnajual, Malvin, Reza, dan Satish juga kompak mengatakan bahwa kehadiran Apple Store akan memberikan beragam benefit lainnya bagi penggemar Apple alias Apple Fanboy.

Salah satunya adalah jadwal peluncuran produk Apple, terutama iPhone di Indonesia yang sama atau setidaknya tidak jauh dengan peluncuran globalnya.

Di iPhone 15 series kemarin, jarak peluncuran antara global dan Indonesia berkisar di waktu satu bulan.

Dengan kata lain, jika Apple Store ada di Tanah Air, waktu untuk pengguna membeli iPhone terbaru di Indonesia kemungkinan akan semakin cepat.

Benefit lain yang bisa dirasakan Apple Fanboy jika ada Apple Store yaitu pihak Apple tentunya akan bisa mengembangkan produk, sekaligus menyusun strategi tersendiri yang spesifik khusus untuk pasar Indonesia.

Artinya, layanan atau produk yang ditawarkan akan relevan dan laku dilirik di Tanah Air.

Tanda-tanda Apple Store di Indonesia makin kuat

Tanda-tanda Apple akan membuka Apple Store di Indonesia kian menguat. Kabar ini awalnya mencuat dari munculnya akun YouTube resmi Apple berbahasa Indonesia.

Akun YouTube dengan handle @AppleIndonesia itu mengepos sejumlah video yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.

Pantauan KompasTekno, akun ini dibuat sejak 22 Desember 2022 lalu. Di bagian halaman profil akun tersebut, tampak bahwa akun YouTube Apple Indonesia ini terafiliasi dengan 15 akun Apple lain, termasuk akun utama Apple.

Apple juga masif beriklan di Indonesia, menggunakan Bahasa Indonesia melalui platform berbagi video TikTok, televisi dan juga YouTube Indonesia.

Tidak hanya itu, pada akhir 2023 lalu halaman jobs.apple.com juga tampak membuka lowongan pekerjaan untuk di Indonesia. Posisi yang ditawarkan mayoritas adalah sebagai sales.

Jika benar Apple Store akan dibuka di Indonesia, ini akan menjadi Apple Store ketiga di Asia Tenggara setelah Singapura dan Thailand.

Apple penuhi TKDN lewat investasi

Sebagai informasi, Indonesia sejatinya mewajibkan vendor smartphone yang masuk Tanah Air untuk memenuhi kebijakan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN).

Mengacu Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 65 Tahun 2016, ada beberapa skema yang bisa dipilih masing-masing vendor ponsel untuk memenuhi kandungan lokal pada perangkat yang akan dipasarkan di Indonesia.

Skema pertama yaitu lewat jalur perangkat keras (hardware), misalnya dengan membangun manufaktur ponsel atau merakit ponsel di pabrik lokal di Indonesia.

Skema kedua yaitu lewat software, di mana vendor bisa menggandeng developer atau pengembang lokal.

Kemudian skema ketiga yakni memberikan komitmen investasi dalam jumlah tertentu dan direalisasikan secara bertahap.

Dari ketiga skema itu, Apple memilih skema ketiga dengan investasi bidang riset dan pengembangan. Salah satunya lewat program Apple Developer Academy untuk mengembangkan talenta developer di Tanah Air.

Sementara itu, vendor lain seperti Samsung hingga Oppo, memilih membangun pabrik sendiri di Tanah Air. Mereka juga membangun toko ritel resmi yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.

https://tekno.kompas.com/read/2024/04/17/12055627/tim-cook-ke-indonesia-netizen-minta-buka-toko-fisik-apple-store

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke