Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

TikTok Notes, Aplikasi Pesaing Instagram Meluncur di Dua Negara

KOMPAS.com - Persaingan antara TikTok dengan Instagram kian sengit dengan hadirnya TikTok Notes.

TikTok Notes adalah aplikasi berbagi foto dari TikTok dengan konsep yang mirip Instagram.

Disebut mirip karena TikTok Notes memungkinkan pengguna berbagi foto dan teks sebagaimana Instagram. Hanya saja, desain tampilannya dibuat agak berbeda.

Menurut tangkapan layar TikTok Notes yang dibagikan perusahaan, halaman utama atau linimasa aplikasi itu terdiri dari dua kolom, di mana masing-masing kolom menampilkan aneka postingan dari pengguna.

Sekilas desain ini mirip dengan tampilan TikTok Shop, tetapi konten di TikTok Notes tampil dengan ukuran agak lebih besar.

Desain TikTok Notes itu berbeda dari linimasa Instagram yang fokus menampilkan konten satu per satu.

Untuk saat ini, TikTok Notes baru rilis di dua wilayah saja, yaitu Kanada dan Australia.

Sejumlah pengguna di dua wilayah tersebut bisa mengunduh TikTok Notes lewat App Store atau Play Store.

Menurut TikTok, aplikasi yang baru dirilis itu masih tahap awal. Perusahaan asal China ini mendeskripsikan TikTok Notes sebagai "ruang khusus untuk konten foto dan teks".

"Kami berharap komunitas TikTok memanfaatkan TikTok Notes untuk terus membagikan momennya melalui postingan foto. Baik itu mendokumentasikan petualangan, mengekspresikan kreativitas, atau sekadar berbagi cuplikan sehari-hari," ujar TikTok lewat media sosial X (dahulu Twitter).

Namun, menurut posting TikTok yang dibagikan di X Twitter, pengguna juga bisa mengunggah banyak foto alias carousel seperti di Instagram.

Pengguna juga bisa masuk ke TikTok Notes dengan memakai akun TikTok yang sudah ada, dihimpun KompasTekno dari TechCrunch, Jumat (19/4/2024).

Kabar soal TikTok Notes sebenarnya sudah terendus pada awal April ini. Saat itu TikTok ketahuan sedang bersiap merilis TikTok Notes untuk menyaingi Instagram, lewat pemberitahuan yang dibagikan ke pengguna.

Pada akhirnya laporan itu terkonfirmasi dengan rilisnya TikTok Notes di Kanada dan Australia.

Belum diketahui kapan aplikasi pesaing Instagram itu rilis di wilayah lain. Pihak TikTok pun belum membagikan rincian rencana ekspansi TikTok Notes di waktu mendatang. Kita tunggu saja.

https://tekno.kompas.com/read/2024/04/19/07000017/tiktok-notes-aplikasi-pesaing-instagram-meluncur-di-dua-negara

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke