Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

"Free Fire" Rilis Update Patch Naga, Ada Karakter Baru Kairos dan Bisa Lawan Naga

Update besar Free Fire yang kedua pada tahun 2024 ini menghadirkan sejumlah konten baru, mulai dari karakter Kairos, hingga mode Mechadrake Trial yang memungkinkan pengguna melawan bos naga.

Simak penjelasan lengkap update baru Free Fire di bawah ini.

1. Karakter baru Kairos

Dalam sebuah misi, pria ini terpapar sumber energi misterius yang mengubah tubuhnya. Alhasil, ia sangat haus akan energi dan berusaha untuk menemukan hal itu di medan pertempuran.

Kemampuan (skill) Kairos berhubungan dengan latar belakangnya. Ia memiliki kemampuan pasif yang memungkinkannya untuk memulihkan 2 Energy Points (EP) per detik hingga penuh.

Jika belum familier, Energy Points adalah sumber daya untuk menambah "darah" (healing) di Free Fire. Karakter dengan kemampuan menambah EP, seperti Kairos dan Miguel, bisa melakukan healing tanpa memanfaatkan item.

Ketika EP Kairos penuh, ia bisa menggunakan Breaker Mode. Dalam mode ini, setiap serangan Kairos terhadap musuh yang menggunakan shield dan armor, akan mengurangi durabilitas perisai itu hingga 120 persen dari total damage yang dihasilkan.

Melihat kemampuan ini, Kairos sangat cocok digunakan bagi pemain yang agresif. Pemain yang sudah mengumpulkan cukup EP bisa menumpaskan musuh yang tangguh dengan mudah.

2. Penyesuaian karakter

Ada sebanyak enam karakter yang mendapatkan buff, yakni Ryden, Santino, Caroline, Nikita, Joseph, dan Kapella.

Skill laba-laba eksplosif Ryden kini lebih mematikan karena memiliki cooldown yang lebih singkat (75 detik ke 60 detik) dan menghasilkan efek damage (bleeding) dengan durasi yang lebih lama (3 detik ke 5 detik).

Berikutnya, Santino mendapatkan buff skill manekin yang bisa digerakkan selama 25 detik (dari 12 detik), dengan cooldown dipersingkat dari 75 detik menjadi 60 detik.

Joseph dengan skill melindungi dirinya dari serangan musuh mendapatkan pengurangan cooldown menjadi 45 detik (dari 60 detik), kemudian kecepatan berlari Caroline saat memakai senjata Shotgun meningkat dari 13 persen menjadi 16 persen.

Kecepatan reload senjata Nikita ditingkatkan dari 20 persen menjadi 30 persen. Setiap musuh yang dikenai skill akan mengalami pengurangan healing sebesar 30 persen selama 10 detik.

Kapella yang dulunya memberikan 10 persen kecepatan gerak kepada rekan tim yang dibangunkan, kini memberikan 80 persen kecepatan gerak. Peningkatan ini menurun dalam empat detik setelah teman dibangunkan.

Untuk nerf, skill Tatsuya untuk lari dengan cepat dibatasi waktu pengisiannya dari 45 detik menjadi 60 detik. Dengan begitu, pemain Tatsuya diharuskan lebih bijak ketika ingin memakai skill-nya.

3. Mode Villain Conquest dan Mechadrake Trial

Para penjahat ini menyerang tiga lokasi berbeda yang akan ditandai di peta. Pemain harus mengalahkan penjahat tersebut untuk mendapatkan loot dan poin Mechadrake. Setiap skuad hanya bisa mendapatkan satu poin Mechadrake setiap game.

Jika sudah mengumpulkan tiga poin Mechadrake dan mendapatkan kemenangan (Booyah), pengguna bisa mengaktifkan pertarungan Mechadrake. Dalam pertarungan ini, pengguna dan rekan timnya bakal berusaha untuk menaklukkan naga besar Mechadrake.

Apabila berhasil menundukkan Mechadrake, pengguna bakal mendapatkan poin rank ekstra sebagai hadiah. Dengan kata lain, pengguna yang sedang "push rank" bisa naik rank dengan lebih cepat.

Selain kedua mode tersebut, Free Fire OB44 juga menghadirkan kembali mode Zombie Hunt. Dalam mode ini, pemain membuat tim, memilih buff, dan mengalahkan para bos zombi yang menghadang.

Zombie Hunt kali ini juga membawa pembaruan seperti penggunaan kendaraan Monster Truck, peta anyar, serta mode Double Evil dan Dungeon Ascent yang lebih sulit.

4. Ada Mechadrake di Clash Squad

Mechadrake akan terbang di langit membawa peti bernama Dragon Airdrop. Ketika pengguna terus menembakinya, Mechadrake akan menjatuhkan peti tersebut yang berisi item spesial bertema naga.

Ada empat item naga yang bisa digunakan, yaitu Dragon Freeze, EMP Grenade, Dragon Sprinters, dan Dragonling.

Dragon Freeze adalah granat es yang meledak tiga kali saat menyentuh tanah. Granat ini bisa memunculkan zona es kecil yang memperlambat gerakan musuh.

EMP Grenade merupakan granat spesial yang memancarkan gelombang elektromagnetik saat meledak. Musuh dalam jangkauan granat ini tidak bisa menggunakan item dalam beberapa saat, dan peta kecil (minimap) miliknya akan mengalami gangguan.

Berikutnya, ada juga Dragon Sprinters yaitu sepatu yang membuat pemain berlari di udara, dan Dragonling yakni bayi naga yang mampu mengurangi kecepatan gerak serta serangan dari musuh yang ditembak, atau memberikan efek bleeding.

5. Senjata AUG bisa di-upgrade

Patch OB44 Free Fire tak lupa membawa penyesuaian untuk berbagai macam senjata.

Senjata AUG, misalnya, kini bisa ditingkatkan (upgrade) setelah pengguna menembakkan sejumlah damage ke musuh. AUG yang sudah di-upgrade maksimum akan menjadi berbahaya, setara dengan senjata airdrop yang kuat.

Di sisi lain, senapan Plasma diperbarui (rework) setelah beberapa waktu absen di Free Fire. Senjata ini diubah menjadi Plasma-X yang kini merupakan senjata airdrop. Serangannya berupa laser menyakitkan dengan cooldown yang cepat.

Buff dilakukan untuk senapan Vector (peluru naik menjadi 23), Double Vector (akurasi naik 5 persen), MP5 (damage naik 8 persen), dan Parafal (peluru naik menjadi 20).

Di sisi lain, nerf diberikan untuk senjata Charge Buster (damage kurang 10 persen), Trogon (damage kurang 8 persen), dan Bizon (damage kurang 10 persen).

6. Sistem Role baru

Sistem ini ditambahkan karena komunitas Free Fire kerap menjadikan role sebagai salah satu syarat untuk masuk skuad "mabar". Dengan role yang saling menutupi kekurangan rekan tim, skuad dipercaya akan lebih mudah untuk meraih Booyah.

Nantinya sistem ini menganalisis gaya bermain dalam match Ranked berdasarkan senjata, skill karakter, dan perilaku dalam match. Hasil analisis ini dipersempit menjadi lima role, yaitu Rusher, Sniper, Bomber, Support, dan Rifler.

Pengguna bisa melihat role miliknya di halaman "Profil". Role ini akan ditampilkan dalam bentuk diagram, sehingga pengguna bisa melihat keahliannya dalam masing-masing role.

Selain keenam update di atas, Free Fire OB44 juga menambahkan notifikasi baru ketika pengguna menunjukkan performa yang baik dalam game, pesan cepat yang lebih akurat untuk komunikasi ingame, peningkatan batas sensitivitas kontrol hingga 200, dan penyesuaian tata letak area Hangar di Bermuda.

Free Fire update patch Naga sudah bisa diunduh di App Store untuk iOS dan di Google Play Store untuk Android.

Pantauan KompasTekno, Selasa (23/4/2024), ukuran update Free Fire OB44 adalah 200 MB. Ukuran game tersebut secara keseluruhan adalah 2,09 GB.

https://tekno.kompas.com/read/2024/04/23/18000047/-free-fire-rilis-update-patch-naga-ada-karakter-baru-kairos-dan-bisa-lawan-naga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke