Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun 2009 Friendster Buka Kantor di Indonesia

Kompas.com - 11/04/2008, 13:25 WIB

JAKARTA, KAMIS - Potensi pasar yang besar di Indonesia menjadi incaran Friendster untuk mengembangkan sayap bisnisnya. Mulai tahun depan, penyedia layanan jaringan sosial online tersebut akan membuka perwakilan bisnisnya di Indonesia.

"Paling lambat akhir tahun depan, yang pasti dalam tahun 2009 itu," ujar David Jones, vice president of global marketing Friendster menjawab pertanyaan wartawan kemungkinan rencana membuka kantor resmi di Indonesia, Kamis (10/4). Menurutnya, Indonesia merupakan potensi market yang besar dengan pengguna Friendster mencapai 8 juta orang.

Sejak dibuka pertama kali tahun 2002, Friendster telah tumbuh menjadi situs jaringan sosial terbesar di Indonesia. Dari data ststistik Alexa.com, per 1 April 2008, Friendster dikunjungi 3,9 juta pengunjung unik setiap minggu. Ini lima kali lebih besar daripada kunjungan ke Facebook, yang hanya 700.000 pengunjung unik, sedangkan MySpace 530.000.  

"Dari pengalaman kami meluncurkan versi bahasa lokal, pertumbuhannya naik," ujar Jones. Selain veris asli Bahasa inggris, Friendster telah merilis versi Bahasa Spanyol, China Sederhana, China Tradisional, Jepang, Korea, dan terakhir Bahasa Indonesia.  

Tahun depan, Friendster akan menempatkan tenaga penjualan dan marketing di Indonesia. Meski demikian, Jones enggan menjelaskna target bisnisnya di Indonesia. Ia hanya menjawab, market Indonesia sangat potensial karena pertumbuhan Internet yang sangat tinggi. Target utamanya bukan keuntungan dan masih meraih pengguna sebanyak-banyaknya.

Peluncuran versi Bahasa Indonesia merupakan strategi pertama Friendster untuk mempertahankan posisinya sebagai situs jaringan sosial terpopuler. Jones menyatakan pihaknya yakin bahasa lokal mendorong penetrasi pengguna lebih banyak. Selama 4 minggu terakhir sejak tersedia online, pengguna yang mendaftar dalam Bahasa Indonesia telah menembus angka 250.000 profil.

Untuk menggaet pelanggan di Indonesia, Friendster mengandalkan fitur Fan Profiles dengan menggandeng artis-artis untuk membuka halaman profilnya. Beberapa artis yang telah membuka Fan Profiles antara lain Sandra Dewi, Maliq D'essentials, Revalina S temat, Ten2Five, dan band RAN.

Selain itu, Friendster tengah berupaya menggandeng sejumlah pengembang software untuk membangun aplikasi yang unik untuk komunitas pengguna Indonesia. Meski kalah cepat dengan MySpace dan Facebook, Friendster yakin penyediaan API (Application Programming Interface) dengan platform terbuka, yang dapat dipakai semua orang untuk membuat aplikasi tambahan di Friendster, akan meningkatkan loyalitas penggunanya.(WAH)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com