Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Direktur Eksekutif ICP dan Wahid Institute Dipukuli Massa FPI

Kompas.com - 01/06/2008, 15:34 WIB

JAKARTA, MINGGUDirektur Eksekutif International Centre for Islam and Pluralism (ICIP) Syafii Anwar dan Direktur Eksekutif Wahid Institute Ahmad Suaedy dipukul massa yang berseragam Front Pembela Islam di sekitar lapangan Monas di Jakarta, Minggu (1/6). Syafii dan Suaedy yang tergabung dalam Aliansi Kebangsaan untuk Kebebasan Beragama dan Berkeyakinan, rencananya melakukan peringatan Hari Lahir Pancasila dengan melakukan orasi kebangsaan dan berjalan kaki hingga bundaran Hotel Indonesia.

Namun, kami baru berkumpul tiba-tiba diserang massa yang membawa tongkat bambu, ujar Syafii yang mengaku terkena pukulan tongkat bambu di kepala, pelipis, tengkuk, punggung dan tangannya. Ketika kepala terkena pukulan, sempat limbung dan hampir jatuh, namun saya bisa bangkit dan menyingki, ujarnya.

Menurut Syafii, mereka baru berkumpul dan sama sekali belum melakukan orasi. "Kami sedang berjalan menuju panggung di halaman monas," ujarnya.

Suaedy mengatakan, ketika sedang berjalan bersama istri, orang-orang tua dan ada yang menggunakan kursi roda, tiba-tiba diserbu. "Saya tidak lari, karena ada istri saya yang harus saya lindungi. Saya dipukul dengan tongkat bambu dan tangan," ujar Suaedy yang kembali mengutuk aksi kekerasan dengan mengatasnamakan Islam.

"Kembalilah ke jalan Islam yang damai," ujarnya.(MAM)   

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com