Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sambut Lebaran, Nokia Luncurkan 2 Ponsel Navigasi

Kompas.com - 21/08/2008, 21:58 WIB

JAKARTA, KAMIS - Menyambut musim mudik lebaran yang tinggal beberapa minggu lagi, Nokia Indonesia merilis dua ponsel baru yang dilengkapi fitur GPS secara terintegrasi sebagai andalan. Masing-masing Nokia  6210 Navigator dan Nokia 6220 Classic.

"Fitur dasar keduanya bisa dikatakan mirip," ujar Legi Soegianto, Product Marketing Manager Nokia Indonesia kepada pers di Jakarta, Kamis (21/8). Mislanya sistem operasi Symbian S60 dan 3G HSDPA.  Keduanya juga sama-sama dilengkapi aplikasi Nokia Maps 2.0 yang merupakan versi terbaru untuk membantu navigasi arah. 

Legi mengatakan dengan Nokia Maps 2.0, kedua tipe ponsel sama-sama dilengkapi kemampuan navigasi yang lebih baik daripada pendahulunya. Sebab, pada aplikasi terbaru ini, Nokia menambahkan fitur terintegrasi antara peta jalan dengan peta satelit. Fitur tersebut akan membantu penggunanya menemukan lokasi maupun rute menuju ke sejumlah tempat yang diinginkan dengan panduan yang lebih baik.

Selain itu, Nokia Maps 2.0 juga mendukung sharing peta dalam bentuk titik koordinat melalui SMS atau dalam bentuk gambar melalui MMS. Bahkan, untuk mendukung manfaat fitur tersebut Nokia telah mengembangkan layanan pencarian POI (point of interest) seperti restoran, hotel, tempat peristirahatan, dan sebagai sepanjang mudik lebaran nanti.

"Saat ini peta yang ada di Nokia Map 2.0 sudah kita sediakan untuk daerah-daerah di Pulau Jawa hingga Bali," ujar Legi Soegianto, Product Marketing Manager Nokia Indonesia. Peta tersebut mencakup semua daerah dan saling terhubung sehingga kenyamanan mendapatkan bantuan navigasi tidak perlu khawatir terputus di perbatasan alias seamless.

Fitur utama yang membedakan keduanya pada kamera dan shortcut navigasi.Nokia 6210 Navigator diandalkan sebagai ponsel pemandu GPS sehingga di bagian badannya terdapat tombol navigasi yang akan langsung menghubungkan pengguna ke layanan peta dan GPS tracking. Tombol tersebut tidak ditemukan pada Nokia 6220 Classic. 

Namun, Nokia 6220 Classic telah dilengkapi kamera 5 MP bahkan dengan Xenon Flash. Pada Nokia 6210 Navigator hanya terdapat kamera 3,2 MP. Nokia 6210 Navigator berbentuk sliding dengan tombol kaypad tersembunyi di bawah slide bagian atas. Sementara Nokia 6220 Classic brbentuk bar (batangan) standar.

"Nokia 6220 akan kita jual dengan harga kurang dari Rp4 juta sedangkan Nokia 6210 akan dijual seharga Rp4,3 juta," kata Goh Doh Hau, Head Go To Market Nokia Indonesia. Nokia 6210 akan tersedia di pasaran mulai minggu depan dan Nokia 6210 dalam satu bulan ke depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com