Teknik Dasar Pemasangan Keramik

Kompas.com - 18/09/2008, 08:39 WIB
Editor

Penting bagi Anda untuk mengetahui cara pemasangan keramik lantai. Ini biar Anda tidak menjadi bulan-bulanan tukang yang lebih berpengalaman. Paling tidak, jika Anda tahu dasar-dasar pemasangan keramik, Anda pun bisa berdiskusi dengan tukang untuk memperoleh hasil yang lebih baik.

Berikut tips sederhananya:

  • Sebelum pemasangan pastikan permukaan dinding bersih dari debu dan kotoran lain. Ini berpengaruh pada daya rekat adukan terhadap keramik.
  • Rendam keramik kurang lebih 2-4 jam di dalam air. Posisikan vertikal guna mengurangi kadar air.
  • Perhatikan komposisi bahan adukan, yaitu 1:4 (atau 6) antara semen dan pasir. Bila perlu gunakan perekat khusus atau semen instan.
  • Jika menggunakan perekat khusus, bahan adukan dapat langsung diaplikasikan pada dinding. Jangan lupa ratakan dengan spatula yang bergerigi. Komposisi yang tepat, tersaji pada petunjuk pemakaian.

Penulis: Whery
Foto: Richard



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X