Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Taman Segar Berkesan Luas

Kompas.com - 18/09/2008, 16:35 WIB

Setelah sehari-hari lelah dengan aktivitas, memandangi taman rumah bisa menjadi sarana rekreasi. Taman atau halaman di rumah dapat memberikan suasana segar. Kesegaran dan kesejukan di dalam taman rumah itulah, yang bisa menjadi sarana rekreasi murah meriah.

Tak perlu repot membuat taman, yang rimbun pepohonan. Hamparan rumput hijau ala lapangan golf pun bisa menjadi pilihan. Konsep taman adalah taman rumput. Konsep ini dipilih karena ingin memberi kesan luas, pada lahan yang terbatas.

Taman ini berisi hamparan rumput golf green. Membentang di atas lahan berukuran 5mx6m. Tidak adanya tumbuhan rimbun, membuat kesan lega dan lebih "terbuka". Bukan hanya rumput, taman ini juga ditumbuhi beberapa pepohonan. Seolah-olah sebagai bingkai, pepohonan tersebut ditanam hanya di bagian pinggir saja. Pepohonan yang ada, antara lain, palem raja, thypa, lili paris, siklok (agave), papirus, dan pandan Bali.

Untuk menguatkan kesan luas, pagar pun dirancang sederhana dan "transparan". Desainnya kotak-kotak, terbuat dari besi. Pagar besi dilengkapi dengan kawat-kawat baja berbungkus plastik. Rancangan pagar yang ramping seperti ini, dapat memberikan pemandangan luas yang maksimal.

Selain dari hamparan warna hijau, kesegaran juga didapat dari kolam ikan. Penempatan kolam ikan memberikan refleksi, yang memberi kesan bangunan menjadi tinggi. Untuk pemanis, kolam dilengkapi dengan tanaman air. Taman pun jadi semakin segar.

Penulis: Jones/ Anissa
Foto: Richard
Lokasi: Taman rumah Bambang Rukmansah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com