Taman Segar Berkesan Luas

Kompas.com - 18/09/2008, 16:35 WIB
Editor

Setelah sehari-hari lelah dengan aktivitas, memandangi taman rumah bisa menjadi sarana rekreasi. Taman atau halaman di rumah dapat memberikan suasana segar. Kesegaran dan kesejukan di dalam taman rumah itulah, yang bisa menjadi sarana rekreasi murah meriah.

Tak perlu repot membuat taman, yang rimbun pepohonan. Hamparan rumput hijau ala lapangan golf pun bisa menjadi pilihan. Konsep taman adalah taman rumput. Konsep ini dipilih karena ingin memberi kesan luas, pada lahan yang terbatas.

Taman ini berisi hamparan rumput golf green. Membentang di atas lahan berukuran 5mx6m. Tidak adanya tumbuhan rimbun, membuat kesan lega dan lebih "terbuka". Bukan hanya rumput, taman ini juga ditumbuhi beberapa pepohonan. Seolah-olah sebagai bingkai, pepohonan tersebut ditanam hanya di bagian pinggir saja. Pepohonan yang ada, antara lain, palem raja, thypa, lili paris, siklok (agave), papirus, dan pandan Bali.

Untuk menguatkan kesan luas, pagar pun dirancang sederhana dan "transparan". Desainnya kotak-kotak, terbuat dari besi. Pagar besi dilengkapi dengan kawat-kawat baja berbungkus plastik. Rancangan pagar yang ramping seperti ini, dapat memberikan pemandangan luas yang maksimal.

Selain dari hamparan warna hijau, kesegaran juga didapat dari kolam ikan. Penempatan kolam ikan memberikan refleksi, yang memberi kesan bangunan menjadi tinggi. Untuk pemanis, kolam dilengkapi dengan tanaman air. Taman pun jadi semakin segar.

Penulis: Jones/ Anissa
Foto: Richard
Lokasi: Taman rumah Bambang Rukmansah

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.