Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Netbook, Pergesaran Tren Setelah Era Notebook

Kompas.com - 23/09/2008, 21:55 WIB

 

JAKARTA, SELASA - Pertumbuhan penjualan netbook diramalkan akan tumbuh pesat tahun ini. Banyak kelebihan yang bisa didapat darinya. Selain kecil dan ringan, daya tahan baterai mencapai enam jam. Netbook juga didisain untuk mendukung kegiatan internet seperti browsing, chatting dan email.  

 

"Netbook memiliki prospek yang sangat baik. Selain menjadi tren baru, netbook begitu kecil sehingga efisien untuk dibawa kemana-mana, " kata Manager Acer Indonesia, Jason Lim, di Jakarta, Selasa(23/9).  

 

Jason menambahkan, harga yang ditawarkan ke pasaran juga sangat kompetitif, sekitar empat sampai lima jutaan. Harga ini hampir sama dengan ponsel PDA ( Personal Digital Assistant) tapi lebih murah dari notebook dengan fasilitas yang hampir sama. Bahkan, Sistem jaringan juga ditingkatkan, seperti tersedianya akses 3G, sehingga kecepatan untuk mengirim data hingga gambar beresolusi tinggi tak perlu diragukan lagi.  

 

Mengenai bentuk fisik, lanjutnya, netbook tidak lebih besar dari sebuah buku tulis, bahkan untuk tampilan bentuk sebisa mungkin sesuai versi notebooknya. Ukuran layarnya hanya berkisar tujuh sampai sepuluh inchi. Ukuran keyboard tidak terlalu kecil sehingga masih cukup nyaman untuk mengetik.  

 

Netbook juga menjadi pilihan kedua ketika orang telah memiliki laptop. Bentuknya kecil memudah pengguna menyimpan dalam tas, praktis dibawa bepergian dan daya tahan baterenya lebih lama empat jam dibanding notebook yang hanya sekitar dua jam.  

 

Dengan keadaan tersebut, pilihan untuk menggunakan netbook akan semakin diperhitungkan oleh para konsumen, tambah Jason.

C12-08      

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com