Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ponsel Google Pertama Tersedia Mulai Oktober

Kompas.com - 24/09/2008, 23:09 WIB

LOS ANGELES, RABU - Operator Telekomunikasi AS T-Mobile menjadi penyedia ponsel pertama yang menggunakan platform software yang dikembangkan Google. Ponsel yang diberi nama G1 itu menggunakan platform Android yang berbasisi open source.

G1 dikemas sebagai sebuah smartphone yang dilengkapi fitur-fitur canggih yang populer. Misalnya layar sentuh seperti yang digunakan Iphone besutan Apple. Namun, bentuknya masih konservatif dengan keyboard tersembunyi yang muncul saat layarnya digeser ke atas pada posisi landscape.

Ponsel tersebut akan tersedia di pasar AS mulai Oktober dengan harga 179 dollar AS atau lebih murah daripada iPhone dengan sistem kontrak langganan dua tahun. T-Mobile berharap dapat menjual 200.000 unit dalam setahun.

"Dengan Android kami membuka web mobile tidak hanya bagi jutaan pengguna namun juga sekaligus memobilisasi komunitas pengembang software yang paham akan platformpenting di masa depan di dalam dunia yang tergantung genggaman tangan kita," ujar Andy Rubin, direktur senior platform mobile Google dalam pernyataannya.

T-Mobile yakin G1 akan bersaing dengan iPhone dan menarik perhatian para pengguna layanan seluler. Operator yang dimiliki perusahaan Jerman Deutsche Telekom AG tersebut juga akan meluncurkannya di Inggria pada November dan negara Eropa lainnya mulai awal 2009.

Sejumlah analis pasar memperkirakan penetrasi G1 akan cukup tinggi. Diperkirakan tak kurang 9 juta G1 akan terjual dalam setahun ke depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com