Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sony Ericsson R300, Radio AM/FM yang bisa Menelepon

Kompas.com - 01/12/2008, 10:58 WIB

Seri R merupakan marga baru dalam keluarga Sony Ericsson dan R300 menjadi yang pertama di seri ini. Sesuai inisialnya, fasilitas unggulan yang diusung adalah radio.

Andai pun bukan, itulah fasilitas yang Sinyal rekomendasikan di R300. Radio bisa dengan cepat diaktifkan dengan navigasi kanan; perhatikan gambar radio yang tertera di situ. Sedikit disayangkan, handsfree masih wajib terpasang agar radio berfungsi.

Dan karena port handsfree sekaligus merupakan port charger dan kabel data, kita tidak bisa menggunakan radio saat sedang mengisi ulang batere atau melakukan transfer data. Bagi sebagian orang, posisi port di kiri bodi sedikit mengganggu karena jadi ada tonjolan di sisi bodi.

Di luar hal ini, kemampuan radio di R300 sangat menarik. Kita bisa mendengarkan stasiun radio yang menggunakan frekuensi AM; tinggal pilih Turn on AM. Kita juga bisa merekam siaran yang sedang berlangsung; tinggal pencet Record audio. Rekaman ini tak terbatas, alias selama kapasitas tersedia. Setting lain yang tersedia antara lain Sound effects (Normal effect, Concert sound), Set radio key, RDS, Record quality, Turn on/off Mono dan TrackID.

Kalau tak ingin dengar radio lewat handsfree, pindahkan saja suaranya ke speaker dengan memilih Turn on speaker. Speaker besar bertulisan Radio terpampang di bodi belakang. Perhatikan tombol bergambar speaker yang bersebelahan dengan tombol volume 2-arah di kiri bodi. Tombol itu merupakan tombol audio enhancer yang membuat suara yang dihasilkan speaker terdengar lebih mantap. Sederet dengan kamera, ada 3 tombol berangka 1, 2, 3 yang juga merupakan pintasan untuk saluran radio.

Dengan bodi pada posisi vertikal, kamera menempatkan dirinya di pojok kanan atas. Navigasi atas bergambar kamera menjadi pintasan untuk mengaktifkan Camera. Perlu dicatat, kamera hanya bisa dipakai untuk memotret foto. Karena tak ada tombol khusus kamera, kita bisa pakai tombol tengah navigasi untuk jeprat-jepret.

Setting yang menyertai kamera minimalis, antara lain hanya ada Effect (No effect, Black & white, Negative, Sepia), Picture size (VGA 640x480, QVGA 320x240, QQVGA 160x120), Picture quality (Fine, Normal) dan Night mode (Turn on, Turn off).

Di mata Sinyal, desain ponsel tak banyak berubah dibanding para pendahulunya. Perhatikan tombol-tombol menu yang masih memakai desain membulat. Tampak seperti modifikasi dari tombol di K630i atau W880i. Menurut informasi Sony Ericsson, ada 2 pilihan warna untuk seri ini, yaitu Antique Copper -seperti yang Sinyal terima, dan Steel Black (hitam).

DENGAN KATA LAIN...
Ponsel low-end untuk penggemar radio.

Sumber: Sinyal

PLUS : Radio bisa menangkap frekuensi AM.

MINUS : Kamera hanya untuk foto.

SPESIFIKASI Sony Ericsson R300
Jaringan : GSM 900/1800/1900 MHz
Bentuk : Bar
Dimensi : 101x46x12 mm
Bobot : 75 gram
Batere : Li-Polymer 3.6V 930mAh (BST-38)
Layar : 1,8”, TFT, 128x160, 65 ribu warna
Memori internal : 8MB
Kamera : VGA
Ringtone : Polifonik
Messaging : Text message, Picture msg, Voice msg
Aplikasi : Alarms, Calendar, Tasks, Notes, Timer, Stopwatch, Calculator, Internet, TrackID, Game (JC Does Texas, QuadraPop), Sound recorder, Camera, Radio.
Isi paket : Charger, headset, manual

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com