Ovi Mail dan Messaging Jadi Senjata Baru Nokia

Kompas.com - 17/02/2009, 23:02 WIB
Editor

JAKARTA, SELASA - Nokia optimistis bakal semakin tak tersaingi di tahun 2009 ini. Pasalnya, perusahaan asal Finlandia tersebut meluncurkan dua layanan yang bisa jadi senjata baru, yakni Nokia Messaging dan Ovi Mail.

Menurut Vice President Sales Southeast Asia and Pacific, Chris Carr, dalam acara bertajuk Nokia Show Case saat peluncuran dua Nokia E Series, yakni E55 dan E75, serta seri N86 8MP, layanan tersebut menjadi andalannya. Karena, mengaktifkan serta menggunaannya sangat mudah sehingga para pengguna ponsel Nokia bakal dimanjakan.

"Sekarang, hanya dengan satu alat kita bisa mengakses semua email serta instant massaging (IM). Nokia Messaging mudah diinstall, karena hanya memerlukan alamat email serta password untuk mengaktifkan email atau IM," ungkap Carr saat launching tiga ponsel canggih tersebut, Senin (16/2) malam di Zirca, Singapura--bersamaan dengan Nokia event@Mobile World Congress di Barcelona.

Satu hal yang menjadi kelebihan, setiap email yang masuk dari berbagai provider (Yahoo Mail, Windows Live Hotmail, Gmail, AOL Mail) langsung masuk ke ponsel. Artinya, pengguna fasilitas Nokia Messaging sudah menghemat beberapa langkah untuk melihat email baru, karena tak perlu mengklik mailbox dan mencari email tersebut (baru,red).

Sementara itu Ovi Mail merupakan layanan email dari Nokia. Tak seperti account beberapa email yang ada sekarang di mana saat membuatnya harus lewat PC, account Ovi Mail bisa langsung dibuat melalui ponsel dan yang lebih menggembirakan lagi, layanan ini bersifat gratis.

Namun bagi para pengguna PC yang mau membuat account, Nokia telah memberikan akses melalui http://mail.ovi.com. Mengenai kapasitas email, Nokia menyediakan kapasitas di Ovi ini sebesar 1 GB serta tersedia juga spam filters untuk mencegah email-email yang tak diinginkan.

Bulan Desember 2008, versi beta layanan Ovi Mail telah dicoba pada ponsel Nokia Series 40 dalam 12 bahasa, yakni Inggris, Spanyol, Portugal, Perancis, Jerman, Hindi, Bengali, Tagalog, Indonesia dan Malaysia. Karena punya prospek sangat bagus, akan terus dikembangkan dalam banyak bahasa dan ponsel.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Nah, dua layanan baru ini membuat Nokia sangat yakin bisa membuat orang meliriknya, meskipun pasar Asia dan Pasifik--termasuk Indonesia--sudah akrab dengan beberapa jaringan seluler berbasis messaging dan email.

"Kami yakin bisa mengalahkan para pesaing karena memiliki layanan yang memudahkan ini," ungkap Technology Manager Customer and Market Operations Sirpa H Ikola MBA. (LOU)



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X