Pakai Telepon Gratis, Petani Tak Perlu Beli Ponsel

Kompas.com - 02/03/2009, 19:59 WIB
Editor

MEMANFAATKAN berbagai layanan promosi telepon gratis, Pandu Petani Indonesia (Patani) berinisiatif akan memasang telepon gratis untuk petani di desa-desa. Fasilitas telepon umum tersebut ditujukan untuk memberi kemudahan berkomunikasi dan berbagi informasi pertanian antardaerah.

"Rencana pemasangan telepon untuk petani ini adalah salah satu wujud nyata dari program-program kita untuk para petani di desa," ujar Chandra Bakti, Sekretaris Jenderal Patani di sela-sela acara pelantikan pengurus wilayah Patani dan diskusi "Membangun Pertanian Tangguh" di Jakarta, akhir pekan lalu.

Ia menerangkan bahwa dalam rangka mewujudkan rencana tersebut, Patani telah bekerja sama dengan PT Multimedia Sarana Komunikasi dalam penyediaan pesawat telepon yang berteknologi GSM tersebut. Prototipe dari telepon yang diberi nama telepon multimedia perdesaan ini pun telah dipamerkan dan dicoba pada kesempatan acara tersebut.

Gratis 2 menit

"Telepon ini tidak membutuhkan kabel karena telepon ini menggunakan teknologi GSM, " ujar Natalio kepada Kompas.com. Ia menerangkan bahwa fasilitas kemudahan yang akan didapat oleh para petani nantinya adalah fasilitas telepon gratis.

Para pengguna, menurutnya, akan diberikan jatah gratis menelepon satu menit setiap kali melakukan panggilan. Hak tersebut hanya berlaku dua kali menelepon setiap hari. Namun, fasilitas telepon gratis tersebut hanya berlaku untuk menelepon ke sesama operator yang digunakan pada telepon umum tersebut.

"Jadi, pengguna nantinya akan mendapatkan telepon gratis dua menit ke nomor yang sama per hari," jelas Natalio.

SIM Card Sendiri

Di samping layanan telepon gratis, telepon pedesaan ini juga tetap dapat digunakan para petani untuk menelepon ke nomor mana pun meskipun berbeda operator. Setiap pengguna hanya perlu membawa SIM card sendiri.

"Kita menyediakan slot card untuk memasukkan kartu chip GSM," terang Natalio.

Halaman:


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X