Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bakrie Telecom Layani Sambungan Internasional

Kompas.com - 15/04/2009, 16:57 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bakrie Telecom Tbk (BTEL) akhirnya meluncurkan layanan sambungan langsung internasional (SLI) setelah memperoleh lisensi dari pemerintah sejak dua tahun lalu. Layanan tersebut menggunakan kode akses 009.

"Peresmian layanan SLI merupakan bagian dari langkah perusahaan untuk menjadi full service network provider (penyedia jasa jaringan secara penuh)," kata Presdir Bakrie Telecom, Anindya Bakrie, di Jakarta, Rabu.

Btel yang merupakan anak usaha Bakrie & Brothers Group ini telah mengantungi lisensi sejak ditetapkan sebagai pemenang tender SLI pada September 2007. Sebelumnya operator yang telah memberikan layanan SLI yaitu PT Telkom 007 serta Indosat 001 dan 008.

"Dengan diluncurkannya SLI 009, maka Btel dapat menyinergikan upaya perluasan wilayah layanan yang telah mencapai 64 kota antara sambungan internasional dan sambungan langsung jarak jauh (SLJJ) yang lisensinya baru saja didapatkan Desember 2008 lalu," kata Anindya.

Untuk tahap awal BTEL memberikan potongan tarif hingga 77 persen, dan mengklaim lebih murah dibanding dua pesaing lainnya, Telkom dan Indosat. Wakil Dirut Bakrie Telecom Erik Meijer, mengatakan tarif murah diberikan untuk sambungan suara, layanan pesan singkat (SMS), hingga sambungan telepon internasional.

"Kualitas suaranya tetap bening karena tidak disalurkan melalui jaringan internet telepon Voice over Internet Protocol (VoIP), namun menggunakan real clear channel voice connection tanpa kompresi," tegas Erik.

Ia menambahkan, tarif SLI ini berlaku untuk penggunaan di semua waktu karena tidak mengenal batas waktu (time band). Tarif berlaku sama untuk semua panggilan dari dan ke semua jenis layanan telepon baik telepon tetap kabel (PSTN) maupun ponsel.

Erik menambahkan, layanan SLI 009 memberlakukan tarif khusus percakapan telepon internasional ke negara-negara seperti Amerika Serikat, China, Hong Kong, Singapura, Malaysia, Brunei Darussalam, Thailand, Korea Selatan, dan Taiwan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com