Nimbuzz: Chatting di Ponsel Symbian - Kompas.com

Nimbuzz: Chatting di Ponsel Symbian

Kompas.com - 08/05/2009, 10:53 WIB

Beruntunglah bagi Anda yang menggunakan ponsel dengan sistem operasi Symbian. Ada beragam aplikasi menarik tersedia secara gratis bagi jenis handset yang banyak dikeluarkan oleh Nokia ini—termasuk layanan untuk chatting di Yahoo! Messenger di manapun dan kapanpun Anda berada. Salah satunya yang layak dijajal adalah Nimbuzz.

Diluncurkan secara resmi di bulan Mei 2008, Nimbuzz yang bermarkas di Belanda merupakan mobile social messenger yang mengkombinasikan instant messaging (IM), (geo) presence, dan VoIP dari banyak komunitas populer seperti Skype, Windows Live Messenger (MSN), Yahoo! Messenger, ICQ, GoogleTalk, AIM, serta jaringan sosial termasuk Facebook dan MySpace. Aplikasi gratisan ini tersedia dalam versi mobile (ponsel), PC, dan web yang memungkinkan penggunanya melakukan IM, berbagi lokasi, (group) calling, sharing file, dan ngobrol di chatroom. Saking kompletnya, Nimbuzz diklaim sebagai produk aggregated (pengoleksi) IM mobile pertama yang pernah dibuat.

Layanan Nimbuzz Mobile, yang salah satunya memungkinkan Anda chat di Yahoo! Messenger via ponsel, dapat diunduh dan digunakan secara cuma-cuma. Tapi jangan lupa, kegiatan ini membutuhkan koneksi Internet yang tentunya berbayar sesuai tarif yang dipatok operator seluler Anda. Baiknya, manfaatkan saja koneksi Wi-Fi gratisan jika ponsel Anda telah mendukung fitur tersebut. Oh ya, versi Nimbuzz untuk iPhone juga sudah tersedia, lho.

Tertarik mencoba Nimbuzz? Ikuti saja langkah-langkah ini.

1. Unduh aplikasi Nimbuzz yang bisa ditemui dan diperoleh secara gratis di situs web resminya di www.nimbuzz.com. Setelah halaman depannya terbuka, klik tombol <Get Nimbuzz!>.

2. Karena kita bermaksud menggunakan aplikasi Nimbuzz di ponsel, masuk ke menu <Mobile> dan klik tombol <Get Nimbuzz Mobile!>.

3. Jendela berjudul Get Nimbuzz Mobile akan terbuka. Di sini Anda dipersilakan memilih, apakah ingin meng-instal dulu aplikasi ini di ponsel, baru kemudian membuat akun Nimbuzz via browser Internet di ponsel, atau membuat akun Nimbuzz di PC lalu meng-instal aplikasinya belakangan. Jika memilih opsi pertama, silakan langsung isi dua kolom yang tersedia. Di bawah menu <Download>, pilih <Indonesia> di kolom Country dan masukkan nomor ponsel Anda (contoh: +62812345678). Jika sudah, klik tombol <Get SMS>.

4. Dalam waktu beberapa detik saja, SMS dari pihak Nimbuzz akan masuk ke ponsel Anda. Hal ini dibarengi dengan munculnya notifikasi di layar PC Anda bahwa SMS telah sukses terkirim. Jika mau, Anda bisa memilih untuk membuat akun Nimbuzz di PC saja dengan memilih opsi <Create Account>. Jika tidak, pindahkan konsentrasi Anda ke ponsel.

5. Silakan pelototi layar ponsel Anda. Klik link warna biru <http://get.nimbuzz.com> yang ada di pesan SMS dari Nimbuzz, lalu pilih <Open link> untuk mulai meng-instal aplikasi ini.

6. Di jendela Nimbuzz yang kemudian nongol, pastikan seri ponsel Anda sudah tertera di sana, lalu klik <Download>.

7. Jika semua proses berjalan lancar, Anda akan mendapati tampilan berikut di layar ponsel. Karena Anda memilih untuk membuat akun melalui browser Internet di ponsel, pilih opsi <Create new account>. Sedangkan jika sudah membuat akun duluan di PC, bisa langsung mengklik <Sign in>.

8. Di menu <New account>, silakan isi kolom Username, Password, dan Repeat Password yang telah disediakan. Usahakan kedua data penting ini berbeda dengan username dan password di akun messenger Anda. Memang sih, jauh lebih gampang jika membuatnya sama saja sehingga lebih mudah mengingatnya. Tapi strategi ini penting untuk mengurangi kesempatan orang lain membobol akun Anda dan melakukan hal-hal yang tidak diinginkan. Jika sudah, klik <Create>.

9. Menu <Account details> akan terbuka. Silakan mengisikan data Country, Mobile phone nr. (nomor ponsel), dan Email. Tapi jika sedang malas melakukannya, tekan saja <Skip>.

10. Di menu yang terbuka selanjutnya, <Communities>, tersedia berbagai akun yang dilayani oleh Nimbuzz. Karena kita bermaksud menggunakan Yahoo! Messenger, klik <Yahoo!>.

11. Silakan masukkan username dan password akun Yahoo! Messenger Anda.

12. Selamat! Anda telah berhasil chatting menggunakan akun Yahoo! Messenger dengan memanfaatkan aplikasi Nimbuzz. Di situ akan muncul pula notifikasi jika ada e-mail baru yang masuk. Senang ngobrol di ruang chat? Klik saja <Chat rooms>.

13. Untuk mulai chat dengan teman di Yahoo! Messenger, pilih salah satu teman Anda dengan scrolling ke bawah dan pilih <Start chat>. Tampilannya sederhana, tapi enak dilihat. Anda diwakili oleh warna jingga, sedangkan lawan chat warna biru.


Nimbuzz
Platform: Symbian, BlackBerry, Pocket PC, Java (J2ME), iPhone
Mendukung: Skype, MSN, Y!M, ICQ, GoogleTalk, AIM, Facebook, MySpace
Ukuran: 1026,2Kb
Situs web: www.nimbuzz.com


TIP: Aplikasi gratisan lainnya

• Palringo Instant Messenger
Platform: Symbian, BlackBerry, Pocket PC, iPhone, Java (J2ME)
Mendukung: Y!M, ICQ, MSN, Gadu-Gadu, AIM, iChat, GoogleTalk
Ukuran: 537,82Kb
Situs web: www.palringo.com

• Fring
Platform: Symbian, Pocket PC, Java (J2ME)
Mendukung: Skype, GoogleTalk, MSN, ICQ, Twitter, Y!M, AIM, Facebook, Last fm
Ukuran: 777,42Kb
Situs web: www.fring.com

• Yeigo
Platform: Symbian, Pocket PC, BlackBerry, Java (J2ME)
Mendukung: MSN, Google Talk, Y!M, AIM, ICQ, Jabber, Facebook, Skype
Ukuran: 613,26Kb
Situs web: www.yeigo.com

sumber: PCplus


Editor

Close Ads X