Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nokia E66, Kini Lebih Ringkas

Kompas.com - 22/05/2009, 16:22 WIB

Penampilan E66 masih mengikuti E65; memakai model sliding untuk menyembunyikan keypad dalam bodi. Perubahan yang kentara adalah sebaran tombol pintas di sekeliling navigasi. E66 menempatkan tombol Home (gambar rumah) dan Calendar (kalender) di kiri navigasi, serta tombol Contacts (buku telepon) dan Messaging (amplop) di kiri navigasi. Tombol Clear (C) ditaruh di bawah tombol navigasi. Icon khas Symbian sudah menghilang dari area pertombolan.

Tombol On-Off akan kita dapati di atas bodi, agak ke kanan. Beberapa tombol di keypad diberi fungsi ganda. Antara lain pengaktifan Bluetooth hanya dengan memencet-tahan tombol *, pembukaan browser dengan memencet-tahan tombol 0 dan pengaktifan moda Silent dengan
memencet-tahan tombol #.

Jika E65 tampil menggoda dengan casing berbahan mirip kulit, E66 justru melenggang dengan casing logam. Sejauh ini hanya ada pilihan warna yang disediakan Nokia, yaitu hitam dan putih mutiara.

Yang menarik adalah tampilan layar. Bila sedikit saja dimiringkan, layar akan langsung berubah dari vertikal menjadi horisontal. Ini karena E66 punya sensor orientasi. Sensor ini juga bisa dipakai untuk "mendiamkan" bunyi ponsel (Mute)

Kinerja
Berbekal sistem operasi Symbian, tentu saja sangat banyak aplikasi pihak ketiga yang dapat ditambahkan pada E66. Apalagi E66 juga mendukung Java.

Soal konektivitas, E66 sangat lengkap. Tinggal pilih, mau inframerah Bluetooth, USB mikro atau Wi-Fi. Adanya port inframerah terasa unik, mengingat nyaris tak ada peranti bisnis keluaran terbaru yang masih menyediakannya. Port inframerah ini bisa kita temukan di kiri bodi sebelah bawah, antara port kabel data dan pengunci casing belakang.

Nokia memberikan port tersendiri untuk headset (jack 2,5mm di kiri bodi sebelah atas), transfer data (port mirip USB mikro di kiri bodi sebelah bawah) dan charger (port charger di bawah bodi sebelah kiri). Jadi, tak perlu lagi rebutan colokan untuk ketiga fungsi tersebut.

Kapasitas E66 bisa diperbesar dengan MicroSD. Tapi cabut-pasang kartunya akan sedikit merepotkan karena slot MicroSD tersebut tersembunyi di balik casing. Ketika membuka casing belakang, arahkan pandangan Anda ke pojok kiri atas; di situlah slot MicroSD berada.

Bisnis
Nokia membenamkan cukup banyak aplikasi pendukung bisnis di E66. Di unit demo yang kami terima, setidaknya kami temukan Push To Talk, Internet telephony, IM, Calendar, Calculator, Quickoffice, Clock, Converter, Active notes, Notes, Intranet, Zip, Printers, Adobe PDF,
Modem, dan Encryption. Malah ada pula Barcode untuk "membaca" barcode.

Koneksi ke Internet sudah menjadi kebutuhan wajib bagi kalangan pebisnis. Karena itu, jaringan 3,5G dan WiFi memperluas pilihan konektivitas pengguna E66. Apalagi E66 bisa dijadikan modem.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com