"Gula Batangan" Hidupkan Lagi Komputer Tua

Kompas.com - 26/06/2009, 21:38 WIB
Editor

WASHINGTON, KOMPAS.com - Komputer-komputer tua yang masih berfungsi komponen-komponen hardwarenya tak perlu masuk ke gudang atau tempat pembuangan. Dengan adanya Sugar on a Stick, mesin-mesin tersebut bisa seolah memiliki nyawa baru dan penampilan baru.

Sugar merupakan sistem operasi open source yang sebelumnya didesian untuk komputer sejuta umat dalam program OLPC (one laptop per child). Spesifikasinya sangat sederhana dan tidak boros sumber daya.

Pengembangnya, Sugar Labs telah merekayasa agar software tersebut dapat berjalan di komputer desktop tanpa harus melakukan instalasi. caranya dengan memasukkannya ke dalam sebuah batang USB dan dapat dijalankan langsung saat komputer melakukan booting atau dihidupkan.

"Sugar om a Stick memberikan kesempatan napas kehidupan baru bagi mesin-mesin tua," ujar Walter Bender, pendiri Sugar Labs seperti dilansir BBC. Software yang dirancang untuk anak-anak ini dipamerkan dalam konferensi LinuxTag di Berlin, Jerman baru-baru ini.

Kelebihan dari software ini adalah kelengkapan aplikasi tambahannya. Selain mendapat tampilan baru dan kinerja sesuai kapasitas mesin tua, penggunananya terutama anaka-anak yang menjadi saaran dapat mengakses berbagai paket dan layanan software edukasi.

Versi terbaru Sugar on a stick dapat digunakan dengan USB flash sebesar 1 GB. Di dalamnya sudah termasuk 40 program, termasuk program untuk mengetik, menggambar, dan games. Software ini bisa jalan di jenis komputer apapun baik yang berbasis Linux, Macs, maupun Windows.

Sugar sebelumnya dibuat sebagai satu-satunya platform yang berjalan di XO Machine, laptop seharga 100 dollar untuk program OLPC. Namun, pendirinya menyatrakan mundur setelah Nicholas Negroponte yang merupakan pendiri program OLPC memutuskan untuk membuka kerja sama dengan Microsoft agar Windows juga bisa dijalankan di XO Machine.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X