2010, Internet Masuk Desa di Seluruh Indonesia

Kompas.com - 27/06/2009, 08:19 WIB
Editor

BREBES, KOMPAS.com - Pemerintah menargetkan pada 2010 program internet masuk desa sudah terealisasi di seluruh Indonesia, sehingga rencana tindak lanjut menjadi desa pintar terwujud.

"Kami menargetkan tahun 2010 program internet masuk desa tuntas dan ke depan rencana menjadikan desa pintar segera terealisasi," kata Menkominfo, M. Nuh, usai menghadiri Kongres Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) ke-XVI dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) ke-XV di Pondok Pesantren Al-Hikmah, Brebes, Jawa Tengah, Sabtu.

Ia mengatakan, tahun ini pemerintah menargetkan dapat menyelesaikan jaringan internet di seluruh desa, sebanyak 32 ribu jaringan dari 72 ribu desa sasaran.

Namun pada saat ini, program itu masih belum bisa menjangkau Indonesia bagian timur, sehingga wilayah itu akan direalisasikan 2010 mendatang.

M. Nuh juga menyatakan sengaja membuat program internet masuk desa, dengan harapan dapat membantu pengetahuan masyarakat. Jaringan itu akan dipusatkan di kawasan yang dekat dengan komunitas dan diserahkan pengawasannya pada pemerintah desa.

"Kami tidak perlu ada tim khusus untuk menjadi pengawas karena sudah diserahkan pada desa," katanya.

Untuk program itu, lanjut Nuh, pemerintah telah mengalokasikan anggaran hingga Rp 1,4 triliun, sebagai persiapan program itu. Diharapkan, 2010 mendatang, program desa pintar tersebut dapat diwujudkan.

Menyinggung adanya kekhawatiran akan dampak negatif pada program tersebut, M. Nuh mengaku tidak terlalu mempedulikannya.

"Yang jelas, diutamakan untuk melakukan self filtering, guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Jika itu dilakukan, kekhawatiran itu bisa berkurang," kata M. Nuh.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X