Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Asal Klik Tautan Michael Jackson

Kompas.com - 02/07/2009, 11:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kematian superstar AS Michael Jackson telah memicu banyak rasa ingin tahu para penggemarnya di seluruh dunia. Berita dan tautan-tautan di dunia maya yang berkaitan dengan Jacko–yang berisi berita, video, gambar atau informasi lain, pun ramai diklik.

Berhati-hatilah. Belum tentu semua tautan itu baik. Salah satu yang ternyata merupakan spam itu telah menyaru sebagai berita CNN. Jika tautannya diklik, Anda akan dibawa ke sebuah halaman web dan diminta mengunduh dan menjalankan file dengan Flash Player palsu, yang sebenarnya meng-install program jahat.

Tautan (spam) lainnya mungkin mencoba menawarkan obat-obatan palsu, antivirus palsu, atau bahkan menyisipkan malware. Selain itu, ada juga spam kampanye peracunan (poisoning) mesin pencari dengan cara menginjeksikan situs-situs jahat ke dalam daftar teratas hasil-hasil pencarian mesin pencari mengenai kematian tragis Jacko. Hati-hati juga dengan tautan di Twitter.

“Jangan mengklik sembarang link yang terkait berita ini dan pastikan agar solusi keamanan Anda up-to-date,” wanti-wanti Ronnie Ng, Manager Systems Engineering, Singapore & Indonesia, Symantec.

Ronnie mengingatkan pengguna internet agar selalu waspada akan kemungkinan datangnya serangkaian ancaman yang memanfaatkan emosi dan rasa ingin tahu publik berkenaan dengan kematian tragis tiga ikon superstar Amerika: Ed McMahon, Farrah Fawcett, dan Michael Jackson. Ia menyarankan hanya kunjungan ke situs-situs yang sudah Anda kenal dan percayai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com