Waspada, Skype Mungkin Disadap

Kompas.com - 31/08/2009, 08:21 WIB
Editor

JAKARTA, KOMPAS.com – Pengguna Skype, waspadalah. Perusahaan sekuriti Symantec menemukan rilis publik dari kode sumber Trojan yang menyasar para pengguna Skype.

Trojan.Peskyspy adalah spyware yang merekam panggilan suara dan menyimpannya sebagai file MP3. Mesin yang telah terinfeksi akan menggunakan software yang menangani pemrosesan audio di dalam komputer dan menyimpan panggilan data sebagai sebuah file MP3.

File MP3 kemudian dikirimkan via Internet ke server yang sudah ditentukan di mana si penyerang kemudian bisa mendengarkan percakapan-percakapan yang telah direkam. Karena panggilannya adalah MP3, ukuran file pun tidak besar dan beban transfernya rendah.

Menurut Symantec, saat ini resiko ancaman Trojan ini masih rendah. Namun karena kode ini tersedia secara bebas, Symantec mengatakan bahwa para pembuat malware bisa saja memanfaatkannya sebagai bagian dari paket pengintaiannya. Untungnya, para pencipta malware ini harus menghabiskan banyak waktu untuk mendengarkan berjam-jam file audio Skype untuk mendapatkan sesuatu yang menarik perhatian mereka.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.