Samsung Star S5233, Layar Mantap, Kaya Fitur

Kompas.com - 04/09/2009, 14:51 WIB
Editor

Seperti halnya Ultra Touch, penampilan Star terlihat minimalis. Di bawah layar sentuh hanya ada tombol call, back, dan end call/on-off. Star memakai model batang; dimensinya cukup nyaman digenggam.

Bagi yang lebih suka pakai stylus, ambil saja stylus-nya di siku atas sisi kanan bodi. Tombol pengunci layar juga ada di kanan bodi, agak tengah. Uniknya, ada Gesture unlock; kita bisa membuka penguncian layar dengan menggambar karakter tertentu di layar pakai jari.

Star juga menggunakan TouchWiz v1.0. Coba "gesek" home screen; tampilannya akan pindah ke home screen lain. Pada home screen, biasanya sisi bawah layar akan kita jumpai icon Keypad, Phonebook, dan Menu. Tapi pada tampilan menu utama, sisi bawah layar berderet icon Keypad, Photo contacts, dan Widget. Di kiri home screen bersembunyi "pita" widget; pita ini bisa dimunculkan dengan mengetuk panah. Widget dalam pita bisa ditarik ke home screen, dan sebaliknya. Kita bisa menempatka widget yang berbeda di setiap home screen. Tapi tidak bisa memasang widget yang sama di semua home screen.

Star menyiapkan aneka widget yang mempercepat akses ke beragam situs dan aplikasi. Yang jadi favorit Sinyal antara lain widget Facebook yang praktis untuk masuk ke Facebook Mobile. Di sini juga ada Myspace, Friendster, Flickr, bahkan ada widget Go on diet dan Stop smoking. Kabarnya, Samsung juga mengembangkan widget yang sesuai untuk Indonesia. Di antaranya ada detik.com, kapanlagi.com dan cosmo.com. Namun unit yang Sinyal terima kebetulan belum dibekali widget tersebut.

Star punya sensor gerak. Ini terlihat utamanya saat sedang menampilkan foto, membaca SMS, atau browsing. Tampilan layar otomatis berubah orientasi ketika bodi dipegang horisontal.

Jejaring Asyik ala Samsung
Samsung sangat membanggakan Samsung Fun Messaging sebagai unggulan Star. Aplikasi ini memang menggabungkan sejumlah aplikasi chat dalam satu aplikasi. Ada lagi Communities; cara cepat untuk upload tulisan maupun foto ke blog kita. Kita bisa masukkan blog gratisan maupun berbayar.

Kamera
Kamera 3,2MP menjadi unggulan lain di Star. Samsung meletakkannya di kiri atas (posisi vertikal). Ada cermin di sebelah lensa kamera. Tombol kamera ada di kanan bodi, ujung bawah. Yang jadi masalah, lensa sering tertutup jari pada Sinyal memegang ponsel pada posisi horisontal Sinyal.

Moda foto bisa menjepret foto dengan resolusi maksimal 3M (2048x1536). Ada pengaturan Effects (None, Black and white, Sepia, Negative, Watercolour), Exposure meter (Matrix, Center-weighted, Spot), Image quality (Superfine, Fine, Normal, Economy), Guidelines, Review (On, 2 sec, Off), Shutter sound dan Storage. Sementara video bisa direkam dengan resolusi maksimal 320x240. Samsung menyiapkan Effects, Video quality (Fine, Normal, Economy), Guidelines, Audio recording dan Storage.

Sebagian setting bisa langsung disetel dari icon yang bertebaran dalam layar. Pada moda Camera, terlihat icon video, shooting mode (single, smile shot, continuous, panorama, mosaic, frame), scene mode (none, portrait, landscape, night, sports, sunset, text) dan settings di sisi kiri, serta icon white balance, timer (off, 2,5,10), brightness, dan viewer di sisi kanan layar.

Pada moda video, di sisi kiri layar berderet icon camera, recording mode (normal, limit for mms), scene mode (tapi tak aktif), dan settings, serta icon white balance, timer, brightness, dan viewer di sisi kanan layar. Kamera mampu merekam video berformat QVGA sampai 15 fps. Ada dukungan multi-format dan DNSe untuk kemudahan penggunaan dan kualitas suara lebih baik.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X