Adobe Flash Player 10.1 Bawa Animasi ke Smartphone

Kompas.com - 05/10/2009, 17:04 WIB
Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Di tengah kebutuhan layanan multimedia meningkat pesat, Adobe mengumumkan Flash Player 10.1 untuk berbagai platform smartphone melalui Open Screen Project. Dengan aplikasi ini beragam konten animasi serta game-game dan video berbasis Flash bisa dimainkan di berbagai ponsel pintar.

Flash Player 10.1 juga sudah dilengkapi fitur yang mendukung layar sentuh, akselerometer, dan screen orientation. Selain itu, sofware ini juga mendukung kontrol berbasis sensor gerakan yang saat ini banyak dipakai untuk navigasi game dan musik. Adobe mengklaim software ini tidak akan menyedot daya besar saat memainkan beragam konten dan menghabiskan baterai.

Versi beta untuk pengembang akan tersedia akhir tahun ini. Masing-masing untuk platform Windows Mobile dan Palm webOS. Sementara versi beta untuk BlackBerry, Symbian, dan Android baru akan tersedia tahun 2010.

Adobe menyatakan tak kurang dari 19 vendor handset telah bekerja dengannya untuk mengintegrasikan software tersebut. Bahkan, bukan tidak mungkin Flash Player 10.1 akan mendukung handset-handset non-smartphone.

Sayangnya software tersebut belum akan mendukung iPhone. Adobe menyatakan pihaknya masih berupaya agar Flash Player bisa mendukung platform buatan Apple tersebut meski masih sangat terbatas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.