Menkes: Namru Ditutup, IUC Jalan

Kompas.com - 23/10/2009, 14:08 WIB
EditorEdj

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih mengatakan, laboratorium Amerika Serikat Naval Medical Research Unit-2 (Namru-2), yang merupakan kerja sama Indonesia-AS ditutup. Kerja sama ini diganti menjadi Indonesia-United States Center for Medical Research (IUC) yang fokus pada kemajuan teknologi di bidang biomedis. Rencananya, IUC mulai beroperasi pada Januari 2010, dan tidak akan melibatkan militer.

Menurut Endang, kerja sama biomedis yang dilakukan Indonesia-Amerika Serikat dapat berupa pengembangan alat diagnostik, identifikasi virus dan bakteri, serta lainnya. "Pendekatan kerja sama ini baru awal-awal. Nanti saya lihat lagi. Saya akan usahakan ini termasuk dalam program 100 hari," ujar Endang kepada para wartawan seusai mengikuti rapat perdana Kabinet Indonesia Bersatu II di Gedung Utama Sekretariat Negara, Jakarta.

Terkait program 100 hari, katanya, Departemen Kesehatan akan berusaha menyeimbangkan upaya kesehatan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif.

Saat ini, peran rumah sakit sudah cukup kuat. Sementara itu, peran puskesmas dan posyandu akan ditingkatkan lagi, baik itu dalam hal sumber daya manusia, fasilitas, dan ketersediaan obat. "Selain itu, program jamkesmas akan diteruskan. Jika ada masalah, kita akan coba selesaikan," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.