Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ponsel Rancangan Google Diberi Nama Nexus One

Kompas.com - 14/12/2009, 09:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ponsel rancangan Google yang baru saja dibagikan kepada para karyawannya untuk diuji coba akan diberi nama Nexus One. Sebelumnya, perangkat tersebut banyak disebut sebagai Google Phone meski istilah tersebut kini juga dipakai untuk smartphone yang menggunakan sistem operasi Android.

Seperti dilansir sumber Wall Street Journal, Minggu (13/11), hardware perangkat itu sendiri dibuat HTC Corp Taiwan. Namun, software yang dibenamkan di dalamnya sepenuhnya digarap Google dengan basis platorm Android, dari interface, fitur, dan aplikasnya. Sebelumnya, Mario Queiroz, Vice President, Product Management Google dalam blog resmi perusahaan itu, menyatakan pembagian ponsel tersebut memang untuk menguji coba fitur-fitur dan kemampuan teknologi baru. 

"Google Phone yang baru bekerja dengan hardware HTC. Saya melihat Android 2.1 di dalamnya. Layar depannya menampilkan visualisasi yang lebih baik seperti wallpaper animasi," ujar Jason Howell, associate produser CNET TV. Ia menyebutnya cantik seperti iPhone tapi lebih kekar.

Howell menyatakan bentuknya seperti HTC Touch namun jauh lebih tipis. Di bagian depan bawah terdapat trackball sebagai navigasi dan empat mneu di bagian bawah layar khas Android. Ilustrasi tersebut sesuai dengan foto yang dilansir TheUnlockr dan Cory O'Brien, blogger terkemuka tak lama setelah kabar munculnya Google Phone di Twitter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com