Samsung B2100 Xtreme: Tahan Banting

Kompas.com - 17/12/2009, 16:17 WIB

Kata si produsen, Samsung B2100 Xtreme bisa tahan sampai 30 menit di kedalaman 1 meter lagi. Nah, kesempatan ini Sinyal mau jajal seberapa ekstrem nih. Niatnya mau direndam dan dijatuhkan pada ketinggian kurang lebih 2 meter.. Lebih ekstrem lagi, kita taruh pada suhu yang abnormal yuk…

Desain
Dilongok dari bodinya yang berbalur warna merah hitam, kesan macho memang terlihat ketika memegang desain tambunnya. Kokoh memang. Enaknya lagi penuh gelombang, jadi memungkinkan untuk tidak terpeleset dalam cengkraman tangan.

Gaya bebas dan tipikal hape ala outdoor melekat dalam tekstur secara keseluruhan. Mulai dari bagian depan hingga belakang semuanya terbungkus rapat dan tanpa sela. Sepertinya sengaja, biar selalu kedap air dan tak kemasukan debu.

Sekarang kita sisir sama-sama, cover depan B2100 Xtreme tampil dengan display layar yang tak terlalu lebar bila tidak mau dikatakan sempit, cuma 1,77 inci dengan kerapatan piksel 120x160, serta hamparan keypad karet yang didesain untuk terlindung dari semua kotoran dan cairan. Tombolnya nyaman ketika dipencet, dan tak terlampau keras, begitupula navigasinya dan tombol eksekusi yang berada di tengahnya.

Pindah ke bagian pinggir hape, B2100 Xtreme mengesankan hape outdoor minimalis dan tak perlu banyak ornamen. Di tepi kiri hanya tombol pengaturan volume plus tombol menghidupkan dan mematikan lampu senter. Tepi kanan, port dual fungsi untuk headset dan charger sudah disiapkan. Sementara di belakang, hanya speaker dan lensa kamera 1,3MP yang disematkan. O ya, satu lagi lampu senter terletak di tepi atas hape.

Uji Xtreme
Nah, sekarang Kita sidik satu satu ketahanannya. Pertama, Sinyal langsung jajal dengan membantingnya pada ketinggian kurang lebih 2 meter. Hasilnya, ancur bro...hahaha...Nggak deng...semuanya fine-fine aja tuh, gak ada masalah berarti dan semua fitur masih bisa jalan normal dan tokcer. Bodinya pun tak tergores..Ujian pertama lolos nih dengan hasil yang memuaskan.

Kedua, Sinyal melakukan eksekusi dengan menggunakan air yang dituang ke dalam gelas kemudian mencelupkan B2100 Xtreme ke dalamnya. Hasilnya, hape tersebut masih sehat wal afiat dan bisa kembali beroperasi seperti sedia kala. Kalau dua sesi pengetesan sudah dilewati, tinggal uji yang paling ekstrem lagi bro...

Sinyal mencoba memasukkan hape B2100 ke dalam lemari pendingin alias kulkas di bagian freezer-nya. Selang waktu 5 menit, dengan titik beku standar membuat es batu ternyata B2100 bisa berjalan sebagaimana mestinya, tak ada yang tak berfungsi semua berjalan sesuai yang dikehendaki Sinyal. Widiiih, beneran tahan banting nih hape, mau tau kenapa? Karena B2100 memang sudah diuji ketahanannya dan memenuhi standar IP57, yakni sebuah sertifikasi ketahanan melalui ujicoba tertentu pada perangkat elektronik di sebuah laboratorium di Eropa.

Bahkan klaim si produsen, dengan sertifikasi IP57, hape B2100 mampu memproteksi dirinya dari debu dan air untuk kedalaman 1 meter selama 30 menit. Termasuk beradaptasi dengan cuaca tak menentu, termasuk bertemperatur sangat dingin atau panas, sesuai dengan standar militer 810F (MIL-STD-810F).

Kamera
Masuk ke fitur, di kamera Anda hanya menemui kualitas 1,3MP. Memang banyak yang menyayangkan kenapa cuma segitu kehandalan sebuah hape outdoor yang seharusnya ditunjang dengan kerapatan piksel maksimal, ya tentunya untuk mengabadikan momen outdoor juga. Ya minimal kalau rentang harga sejutaaan, 2MP bisa jadi kekuatan piksel terendah.

Meski, ditepis oleh hasil foto dari luar ruang yang cukup baik, ketika Sinyal menjajalnya dengan modus normal, serta kerapatan maksimal 1280 x 1024 pixels di siang hari kualitas gambar tergolong lumayan baik di hape, tapi tidak ketika dilakukan pembesaran via komputer, kualitasnya kurang baik.

Kualitas yang minim di segi piksel sepertinya coba ditutupi dengan hadirnya beberapa sub fitur kamera yang ada pada B2100. Anda bisa memanfaatkan variasi efek yang bisa membantu Anda berkreasi dalam menentukan hasil akhir pada foto.

Halaman:


Editorwiek

Close Ads X