Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ponsel Murah tapi Aplikasinya Tak Sekadar Launcher

Kompas.com - 21/12/2009, 17:06 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ponsel-ponsel QWERTY buatan "China" yang populer dan banyak beredar di Indonesis saat ini umumnya tak menyertakan aplikasi penuh namun hanya menyediakan launcher atau web application yang akan mengarahkan pengguna ke situs layanan tersebut saat di-klik. Hanya smartphone dari vendor-vendor terkemuka di dunia yang sudah mengembangkan aplikasi penuh yang memang didesain untuk model-model tertentu.  

Namun, di penghujung tahun 2009 ini, Bakrie Telecom merilis ponsel bundling yang menyediakan aplikasi penuh tak hanya launcher. Ponsel yang diberi nama Hape Esia Online, atau seri C6100 ini dilengkapi aplikasi jejaring sosial seperti Facebook, Yahoo Messenger, Windows Live Messenger, Google Talk, dan Opera Mini. Bahkan ada aplikasi tambahan untuk chattting antarpengguna ponsel Esia Online yang disebut Esia Messenger.

"Demam pertemanan dan jejaring sosial pada segmen kaum muda menjadikan hape ini memiliki prospek yang menjanjikan. Apalagi aplikasinya resmi dan bukan hanya sekedar web link. Karena itu mereka sangat berminat terhadap hape ini," jelas Erik Meijer, Wakil Direktur Utama Bakrie Telecom dalam siaran pers yang diterima Kompas.com.

Dengan aplikasi resmi ini maka pelanggan Esia bisa langsung menggunakan semua aplikasi sebagaimana layaknya aplikasi di smartphone berkelas. Penyediaan aplikasi-aplikasi tersebut merupakan hasil kerja sama Bakrie Telecom dengan Facebook, Yahoo!, Opera, Qualcomm. Huawei, Miyowa dan CDG (CDMA Development Group), asosiasi perdagangan yang dibentuk untuk mengembangkan dan menerapkan teknologi CDMA di seluruh dunia.

 

Hape Esia Online sendiri merupakan hape kategori smartphone dengan tombol QWERTY, layar QVGA 2,4 inci, dan menggunakan platform Qualcomm. Dilengkapi kamera digital standar, micro SD card slot, pemutar musik MP4/MP3/AAC, dan dapat digunakan sebagai modem internet.

Ponsel ini baru akan dirilis mulai Januari tahun depan namun sudah dapat dipesan mulai sekarang. Harga julanya Rp 699 ribu (termasuk PPN) namun jika dipesan selama Desember akan mendapatkan benefit senilai Rp 100 ribu yang terdiri dari potongan harga Rp 50 ribu dan bonus talktime senilai Rp 50 ribu. Selain benefit tersebut, pelanggan Hape Esia Online juga akan mendapatkan bonus tambahan senilai Rp 365 ribu berupa gratis 1 bulan Facebook, gratis 400 menit internet, dan gratis 1 minggu aplikasi lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com