Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

NSN dan LG Capai Rekor Kecepatan Data LTE

Kompas.com - 28/01/2010, 13:19 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Panggilan data pertama dengan kecepatan downlink data LTE 100MBps untuk modem nirkabel USB kelas 3 telah tercapai. Angka 100MBp adalah kecepatan maksimal untuk terminal LTE (long term evolution) kelas 3. Kecepatan ini merupakan pencapaian  baru, setelah Nokia Siemens Networks (NSN) dan LG Electronic menyelesaikan uji interoperabilitas LTE lengkap pertamanya di pita frekuensi 2100MHz.

Dalam uji LTE 100MBps ini, panggilan dilakukan dengan peralatan radio LTE NSN. Ini termasuk Flexi Multiradio Base Station, elemen jaringan Evolved Packet Core dan software sesuai standar dengan modem LTE USB pra-komersial dari LG Electronics (LG).

Panggilan data ini juga merupakan bagian dari lanjutan uji interoperabilitas NSN dan LG pada pita frekuensi 2100 MHz dan 2600 MHz di pusat R&D LTE NSN di Oulu, Finlandia, dan Ulm, Jerman.

Terminal kelas 3 sendiri diharapkan menjadi terminal LTE komersial pertama yang digunakan luas pada akhir 2010. Di LTE, perangkat pengguna dikelompokkan berdasarkan potensi kecepatan data uplink dan downlink.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com