IBM Dobrak Batas Kapasitas Tape

Kompas.com - 28/01/2010, 16:41 WIB
Editorwiek

JAKARTA, KOMPAS.com – Rekor dunia kapasitas tape baru saja ditembus IBM bersama Fujifilm. Keduanya memang bekerjasama dalam meningkatkan densitas data pada linear magnetic tape. Kerja keras selama tiga tahun itu telah berbuah manis.

Sistem tape Nanocubic dual-coat magnetic yang didasarkan pada partikel BaFe (barium ferrite) itu memungkinkan penempatan cartridge-cartridge berkapasitas total 35GB data yang belum dikompresi. Ini kira-kira setara dengan 44x kapasitas cartridge LTO Generation 4 sat ini. Susah membayangkannya? Hmm, ini kira-kira setara dengan satu rak buku yang selebar 248 mil.

Jauh lebih besarnya kapasitas itu dimungkinkan berkat teknologi servo control yang bisa meningkatkan jumlah track data yang bisa ditampung dalam tape tunggal selebar setengah inci sampai 25 kali lipat. Juga dengan adanya tool-tool lain yang membatasi dan mengendalikan track tujuan tape.

"Pencapaian ini menunjukkan bahwa tape storage masih hidup dan akan terus berlanjut dalam menyediakan proteksi data yang andal, dan mempertahankan keunggulannya dalam hal biaya dibandingkan teknologi storage lainnya, termasuk harddisk drive dan flash,” kata Cindy Grossman (Vice President, IBM tape and archive storage systems).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.