Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sony Ericsson W995, Sentuhan Cybershot pada Walkman

Kompas.com - 08/02/2010, 17:10 WIB

Ada hape yang didesain secara minimalis untuk memikat orang dengan citra modern. Sebagian orang mengamini tawaran itu. Namun sebagian lain merasa lebih mantap dengan hape seperti Sony Ericsson W995 ini.

Sebelum dibuka slidingnya saja, bodi sudah langsung berasa ramai dengan segala macam tombol menu, colokan, sombol, dan aksen. Macam anak-anak punk yang penuh pernik di sekujur tubuhnya saja. Namun ini sah saja. Kehadiran semua pernik itu justru membuat semacam jaminan bahwa banyak yang bisa dieksplorasi dalam hape ini.

Di sisi samping kanan, terdapat tombol-tombol musik yang bertugas memerkuat citra bahwa hape ini adalah seri W (Walkman) dari Sony Ericsson. Selain itu di deretan yang sama juga terdapat tombol rana kamera yang kapasitas resolusinya juga tak tanggung-tanggung: 8 megapixel.

Beruntung sisi samping kiri sepi tombol, digantikan oleh slot colokan charger atau kabel data dan slot memori M2 yang tertutup oleh casing baterai. Meski begitu, masih tersisa satu tombol pintas Walkman pada sisi ini, seakan ingin menunjukkan bahwa fitur musik sangat kaya dan tak ada habisnya.

Tombol-tombol setengah lingkaran dan ukuran dan layout tombol keypad membuat hape ini langsung ketahuan Sony Ericsson banget. Sentuhan baru dilakukan dengan memberi sebuah kickstand alias penyangga di bodi belakang, agar hape ini bisa menjelma sebagai peranti multimedia, terutama agar nyaman ketika digunakan untuk menonton film.

Musik
Predikat Walkman adalah jaminan mutu bagi hape musik. Meski begitu, tak semua seri Walkman bisa memenuhi harapan. Nah, W995 ini termasuk yang akan sangat memuaskan kebutuhan dengaran bagi pelanggan.

Untuk kelas speaker bawaan hape, maka W995 mengendong speaker terbaik. Ketika memainkan sumber musik yang baik, noise sangat minimal. Reproduksi audiojernih bin bening. Detail nada rendah dan (terutama yang) tinggi bisa tersaji dengan utuh, tidak pecah.

Meski speakernya kecil, namun efek stereo hadir dengan lugas, tidak malu-malu. Pintar-pintarlah memaksimalkan prioritas nada agar mendapatkan dengaran yang sesuai selera atau jenis musiknya dengan memanfaatkan equalizer dengan banyak pilihan genre musik.

Ke-walkman-an Sony Ericsson sempat dipertanyakan karena tidak juga mau mendukung kenyamanan bermusik dengan menyediakan colokan standar 3,5mm pada hape Walkman-nya. Namun seakan insyaf, Sony Ericsson menyediakan colokan tersebut pada W995. Nyaman!
Di luar pemutar musik, banyak fitur yang berkaitan dengan musik bisa dieksplorasi. Misalnya ada fitur SensMe. Fitur yang menyenangkan ini bisa menggolongkan musik berdasarkan mood kita. Lagu-lagu digolongkan berdasarkan empat kuadran tempo dan perasaan. Ingin lagu lambat dan ”yellow-mellow”, cepat tapi tetap ”yellow-mellow”, lambat tapi gembira, atau cepat sekaligus gembira? Tinggal pilih variasinya berdasarkan kuadran dan koordinatnya, yang disajikan dengan visualisasi yang menarik.

Ada pula MusicDJ, yang memungkinkan kita mengaransemen musik dengan mudah, tinggal masukkan unsur-unsur musik ke dalam kanal yang tersedia. Lantas ada fitur TrackID untuk mendapatkan potongan lagu-lagu lewat Internet. Kelengkapan bermusik juga diperkaya dengan kehadiran radio FM.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com