Sony Corp Berhak Somasi, Tapi Jangan Asal

Kompas.com - 15/03/2010, 12:18 WIB
Editorhertanto

JAKARTA, KOMPAS.com - Blogger yang tekenal dengan nama Ndoro Kakung, Wicaksono berpendapat bahwa Sony Corporation Jepang berhak melayangkan somasi namun jangan asal somasi tanpa melihat secara jernih dan rinci isi blog milik Sony Arianto Kurniawan yang dinilai menyerupai nama domain milik Sony Corp Jepang tersebut.

Hal itu disampaikan Wicaksono saat dihubungi Kompas.com, Senin (15/3/2010). Menurut dia, Sony Corp melalui kuasa hukumnya terlalu berlebihan menanggapi penggunaan domain sony-ak.com milik Sony AK.

"Seharusnya meneliti lebih jernih apakah dia (Sony AK) menyalahgunakan, melanggar hukum trade mark atau tidak. Kesannya asal mensomasi tanpa melihat secara jernih dan rinci blog-nya Sony AK merugikan apa tidak," katanya.

Wicak juga mengatakan, seharusnya Sony Corp Jepang tidak perlu terlalu khawatir dengan blog milik Sony AK karena menurut Wicak, Sony AK tidak secara sengaja memanfaatkan nama domain yang mirip dengan milik Sony Corp untuk mencari keuntungan semata.

"Pertama, karena tidak semata-mata memanfaatkan. Kedua, isinya (Sony-ak.com) kan bagus untuk edukasi dan menyebarkan informasi," ujarnya.

Meskipun begitu, kata Wicak, Sony Corp berhak mengajukan somasi yang hasil akhirnya ditentukan hukum Indonesia. Dia juga berpendapat agar sengketa kedua pihak diselesaikan dengan baik.

"Demi kebaikan kedua pihak, ini bukan masalah menang kalah saja tapi bagaimana menyelesaikan sengketa dengan baik," imbuhnya.

Oleh karena itulah, kata Wicak, dukungan masyarakat tetap dibutuhkan sebagai tekanan publik agar sengketa nama domain ini segera selesai. Sebelumnya, pihak Sony Corporation Jepang melayangkan somasi terhadap situs Sony-ak.com milik Sony Arianto Kurniawan yang dinilai memiliki kemiripan visual dengan domain Sony Corp Jepang.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X