Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adobe Hentikan Pengembangan Flash buat iPhone

Kompas.com - 22/04/2010, 13:25 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com — Karena masa depannya tak jelas, pengembangan Flash untuk iPhone dan iPad akhirnya dihentikan. Adobe menyerah dan mengumumkan akan menarik semua rencana investasi untuk menghadirkan Flash di perangkat-perangkat buatan Apple tersebut.

"Tujuan utama Flash adalah mendukung pengembangan di semua browser, platform, dan perangkat. Hal tersebut sangat berkebalikan dengan keinginan Apple. Mereka ingin memaksa para pengembang ke platformya dan membatasi pilihan sehingga membuat hasilnya sulit dijalankan di platform lain," ujar Mike Chambers, Manajer Produk Pengembangan Flash Adobe, dalam blognya.

Keputusan Adobe tersebut muncul tak lama setelah Apple mengeluarkan aturan perjanjian baru bagi para pengembang iPhone. Aplikasi di iPhone dan iPad harus dibuat dengan bahasa pemrograman yang diizinkan oleh Apple, antara lain C++ atau Objective C. Jika diterapkan, maka aturan tersebut akan mematikan semua aplikasi yang saat ini menggunakan kode Packager for iPhone buatan Adobe untuk menjalankan Flash.

Hubungan buruk antara Apple dan Adobe memang dipicu masalah Flash tersebut. CEO Apple Steve Jobs bahkan sempat menyebut Apple pemalas karena tak serius mengembangkan Flash untuk platform buatannya. Sebaliknya, Adobe menyebut Apple ironis karena tak membuka lebar-lebar Flash yang sudah digunakan oleh sebagian besar orang. Dibanding Flash, Apple justru mendorong standar alternatif, seperti HTML5, CSS, dan JavaScript.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com