Menanti Sim Card Pintar yang Dilengkapi WiFi - Kompas.com

Menanti Sim Card Pintar yang Dilengkapi WiFi

Kompas.com - 07/07/2010, 13:47 WIB

KOMPAS.com - Telepon seluler yang memiliki kemampuan berselancar di dunia maya bukan lagi barang yang eksklusif saat ini. Tapi tidak demikian halnya dengan kartu telepon (SIM card) yang memiliki teknologi untuk mengakses internet. Belum banyak dari kita yang sudah mendengar, apalagi memiliki kartu semacam itu.

Adalah Sagem Orga, produsen SIM card asal Jerman dan Telefonica, operator telekomunikasi asal Spanyol, yang mencoba mewujudkan impian itu. Pada ajang usahaan raksasa tersebut memamerkan kolaborasi mereka dengan mengumumkan produk SIM card yang terintegrasi dengan WiFi. Teknologi ini mereka beri nama Sim-Fi. Dengan teknologi baru tersebut, SIM card bisa digunakan sebagai WiFi Router. Artinya, SIM card bisa menjadi sumber hot spot bagi perangkat berfitur WiFi lain yang berada di sekirarnnya.

Hebatnya lagi, Sagem Orga dan Telefonica mendesain Sim-Fi tersebut agar bisa kompatibel untuk semua jenis gadget. Bukan cuma ponsel. tapi juga masuk di notebook dan netbook. Sayang, produk itu masih berupa uji coba. Kedua perusahaan masih butuh waktu untuk memproduksi SIM-Fi secara massal.

Jika produk itu sudah tersedia, bisa jadi kita lagi membutuhkan ponsel pintar yang memiliki fitur WiFi, atau ponsel yang mendukung teknologi 3G HSDPA untuk sekadar mendapat koneksi internet. Teknologi SIM-Fi sudah bisa mencukupi kebutuhan untuk berselancar tersebut. Jadi, tak usah beli ponsel mahal. Apa pun ponselnya cukup membeli SIM card Sim-Fi saja.

Masih prototipe Sayang sekali, teknologi ini baru berupa prototip alias produk ujicoba. Perkiraan harga jualnya pun masih selangit. lebih dari Rp 63 juta. Hingga kini Sagem Orga dan Telefonica belum membeberkan kapan kepastian mereka akan memproduksi dan menjual SIM-Fi.

Kalau Anda telanjur pengin, tenang saja. Dulu ketika Sagem Orga mengembangkan teknologi SIM card, banyak orang optimistis teknologi ini akan melenggang ke pasar. Sekadar catatan Sagem Orga merupakan perusahaan pertama yang menciptakan teknologi SIM card GSM pada 1990. Teknologi canggih yang kini kita nikmat setiap saat ini merupakan buah karya Sagem Orga.

Apalagi sambutan dari operator telepon terhadap teknologi SIM-Fi sangat bagus. Teguh Prasetya Mukti, Group Head Brand Marketing Indosat bilang, saat ini Indosat sedang mengkaji kemungkinan penerapan teknologi itu di AIM card Indosat. Pertimbangannya, IndosatM2, anak usaha Indosat kini tengah mengembangkan jaringan Wi-Fi untuk cakupan global.

"Tentu SIM card existing harus di-upgrade ke SIM card yang berkemampuan terintegrasi dengan WiFi tersebut," kata Teguh.

Arief Boediman, Head of Product Management AXIS, punya pendapat senada. AXIS juga tengah mempelajari teknologi ini. "Tidak tertutup kemungkinan kami menerapkan," katanya.

Tapi ada juga operator yang belum tertarik mengusung teknologi ini ke SIM card mereka, seperti XL Axiata. "Kami adalah operator seluler, bukan pengmbang SIM card," kata Febriati Nadira, Kepala Komunikasi Korporat XL Axiata.

Dalam perkiraan XL, pengembangan teknologi SIM card yang terintegrasi dengan WiFi tersebut akan terus dilakukan oleh perusahaan-perusahaan pembuat SIM card, termasuk dengan cara melakukan kolaborasi bersama perusahaan perangkat handset maupun handphone.(KONTAN/Astri Kharina Bangun, Desy Rosalina)


EditorTri Wahono

Close Ads X