Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Telekomunikasi

Nokia Siemens Networks Akuisisi Unit Bisnis Motorola

Kompas.com - 20/07/2010, 23:05 WIB

JAKARTA,KOMPAS.com - Motorola akhirnya menemukan calon pembeli unit bisnis perangkat jaringan nirkabel miliknya. Pada hari Senin (19/7/2010), Nokia Siemens Networks (NSN) telah mengumumkan dana 1,2 miliar dollar AS untuk mengakuisisi unit bisnis Motorola yang terus merugi karena kalah bersaing di pasaran dengan vendor lainnya.

Akuisisi ini bakal menambha jumlha pelanggan Nokia Siemens Networks sekitar 50 pelanggan baru. Saat ini kedua vendor perusahaan jaringan nirkabel tersebut melayani pelanggan yang sama di sejumlha operator telekomunikasi besar seperti China Mobile, Vodafone, Verizon Wireless, Sprint, dan Clearwire.

Nokia Siemens Networks akan mengakuisisi operasi manufaktur termasuk semua sistem nirkabel utama GSM (Global System for Mobile Communications), CDMA (Kode-Division Multiple Access), WCDMA (Wideband Code-Division Multiple Access), WiMax dan LTE (Long-Term Evolution).

Sekitar 7.500 karyawan Motorolla akan bergabung dengan Nokia Siemens Network setelah kesepakatan antara kedua perusahaan tercapai. Kedua perusahaan ini berharap kesepakatan ini sudah bisa tercapai sebelum akhir tahun jika mereka telah mendapatkan persetujuan undang-undang mengenai akuisisi tersebut. Sebagai akibat dari penjualan ini, Motorola akan fokus ke bisnis yang menangani telepon mobile dan bisnis jaringan untuk rumah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com