Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UAE Akan Tutup Layanan BlackBerry

Kompas.com - 02/08/2010, 16:16 WIB

DUBAI, KOMPAS.com — Regulator telekomunikasi United Arab Emirates (UAE) berencana menutup beberapa layanan BlackBerry. Pasalnya, regulator melihat adanya potensi yang bisa mengancam keamanan nasional dan nilai-nilai sosial.

Regulator telekomunikasi UAE menyatakan, mereka akan menutup sementara layanan pesan pendek, e-mail, and web browsing mulai 11 Oktober 2010 mendatang. Mereka menghitung, peranti ini meladeni layanan yang tak sesuai dengan hukum yang berlaku sejak dirilis di negara ini.

Apalagi, secara otomatis BlackBerry mengirimkan data ke server luar negeri yang sesungguhnya dilarang oleh hukum yang berlaku di UAE. Regulator mengaku kesulitan untuk memonitor apa yang dilakukan dan dikatakan oleh pengguna BlackBerry.

Sayangnya, pihak regulator belum bisa mencapai kesepakatan dengan Research in Motion mengenai hal ini.

"Dengan tidak adanya solusi yang bisa dicapai, dan demi kepentingan publik, maka mulai 11 Oktober 2010 BlackBerry Messenger, BlackBerry E-mail, dan Blackberry Web-browsing tidak akan bisa digunakan hingga nantinya tercapai kata sepakat," kata Telecommunications Regulatory Authority Director-General Mohamed al-Ghanim, Minggu (1/8/2010).

Sayangnya, juru bicara Research in Motion menyatakan, perusahaan asal Kanada tersebut masih enggan berkomentar mengenai hal ini.

Asal tahu saja, BlackBerry digunakan oleh sekitar 500.000 pengguna di UAE. (Kontan/Femi Adi Soempeno)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com