Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Marketing

Nexian, "Bisnis Teknologi Itu Murah"

Kompas.com - 16/12/2010, 14:47 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Kebutuhan masyarakat terhadap teknologi yang semakin tinggi akan menciptakan sebuah pasar yang luas pula. Namun, kebutuhan teknologi ini nyaris dimiliki seluruh masyarakat, baik kelas atas maupun kelas menengah ke bawah. Salah satu produk teknologi yang menjadi kebutuhan utama adalah ponsel. Ponsel dengan fitur lengkap tidak harus mahal.

Hal inilah yang kemudian dikembangkan produsen ponsel lokal, Nexian. Dengan menciptakan ponsel dengan fungsi layaknya ponsel pintar mirip Blackberry, Nexian kini pun semakin diminati pasar kelas menengah. "Pasar handset itu sebenarnya lebih banyak pada kelas menengah ke bawah. Di saat banyak ponsel smartphone seperti Blackberry yang tak terjangkau oleh mereka, kami melihat ini peluang," ujar Chief Marketing Officer Nexian Andy Jobs, Kamis (16/12/2010), dalam The Markplus Conference 2011, di Pacific Place, Jakarta.

Kelas menengah, menurut Andy, tetap memiliki sebuah keinginan untuk memiliki ponsel pintar dengan fitur-fitur yang bisa mengakses social media ataupun fitur chatting, tetapi dengan harga yang terjangkau dengan kantong mereka. Hal tersebut tidak lepas dari budaya masyarakat Indonesia yang senang bergaul dan beramah-tamah. "Maka dari itu, kami berusaha menciptakan produk ponsel yang mirip ponsel pintar seperti Blackberry, tetapi dengan harga terjangkau," katanya.

Berdasarkan data, hingga September 2010 market share Nexian meningkat 40 persen dari tahun lalu. Dari jumlah market tersebut, sebanyak 80 persen di antaranya merupakan ponsel kelas menengah yang memiliki harga kurang dari Rp 1,5 juta. "Teknologi itu tidak selalu mahal. Teknologi murah, inilah yang sedang kami edukasi ke konsumen," ujar Andy.

Ia pun menegaskan, Nexian sebagai produk lokal yang mengadopsi fitur Blackberry kini sudah mulai berkembang. "Jumlah hp user yang mirip BB kini sudah mendekati lima kali lipat dari BB yang sekarang beredar. Dulu mungkin kami dibilang followers, tapi sekarang kami memiliki pasar sendiri," ungkapnya.

Dalam jangka waktu ke depan, Nexian pun akan tetap membidik pasar kelas menengah yang diyakini masih menjanjikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com