Merah Putih Inc Siap Kembangkan "Startup" Lokal

Kompas.com - 27/01/2011, 21:03 WIB

KOMPAS.com - PT Merah Cipta Media yang selama ini aktif mendorong tumbuhnya startup di Indonesia, mengembangan perusahaan investasi terbarunya, Merah Putih Incubator. Perusahaan investasi ini akan fokus menjadi inkubator bisnis digital di Indonesia yang siap membantu para startup lokal mengembangkan bisnisnya.

Terbentuknya Merah Putih Inc diluncurkan Kamis (27/1/2011) di Hard Rock Cafe, eX Plaza, Jakarta. Sesuai namanya, Merah Putih Incubator akan berperan layaknya inkubator, yakni mendukung dan menjaga lingkungan bisnis digital hingga tercipta kemantapan dalam bisnis ini. Dukungan ditujukan kepada startup bisnis digital yang berpotensi.

"Kami ingin memastikan bahwa para startup sesama kita mulai memiliki dukungan yang mereka butuhkan dan ekosistem untuk mengembangkan perusahaan mereka," ungkap Danny Wirianto, Chairman Merah Putih Inc. Dukungan mencakup pengembangan bisnis, pengawasan jalannya usaha, pengembangan strategi marketing, infrastruktur, dan pendanaan.

CEO Merah Putih Inc Anthony Liem menambahkan, "Pengembangan strategi marketing misalnya membantu bagaimana caranya membuat branding yang bagus untuk bisnis web yang dimiliki. Hal lainnya misalnya bagaimana caranya membuat pengiklan tertarik pada web tersebut sehingga bisa meningkatkan revenue yang diperoleh."

Sementara, dalam hal pendanaan, Anthony mengatakan bahwa Merah Putih Inc akan membantu pada tahap awal. Pada saatnya bisnis telah menjadi lebih stabil, startup akan dilepaskan hingga bisa mengelola mandiri. Merah Putih Inc juga memiliki jaringan investor yang siap berinvestasi pada startup yang berpotensi.

Merah Putih Inc mengusung tagline "Ignites the Idea". CEO Merah Putih Inc Anthony Liem mengungkapkan, "Jadi kita ingin membakar ide-ide yang dimiliki para startup sehingga bisa dijalankan. Enggak cuma bertahan sebagai ide. Kita percaya para startup memiliki banyak ide yang sangat kreatif yang bisa diwujudkan."

Anthony mengungkapkan, Merah Putih Inc sebenarnya telah terbentuk sejak pertengahan 2010 lalu. Ia mengatakan, salah satu latar belakangnya adalah adanya web lokal yang masih kesulitan dalam mendapatkan revenue, terutama dari iklan. Hanya sekitar 5-6 web yang pendapatan iklannya bisa diandalkan, sementara yang lain masih kesulitan.

Hingga sekarang, Merah Putih Inc telah menginkubasi enam startup lokal. Keenamnya meliputi Daily Social, Lintas Berita, Info Kost, Bolabob, Adsonit, dan KrazyMarket. Dikatakan, setelah diinkubasi oleh Merah Putih Inc, web-web tersebut sangat berkembang, dilihat dari jumlah visitor, page view, dan strategi bisnisnya.

Beberapa orang di balik Merah Putih Inc adalah Danny Wirianto sebagai Chairman, Herman Kwok sebagai CMO, Anthony Liem sebagai CEO, dan David Wayne Eka sebagai Senior Vice President.


EditorTri Wahono

Close Ads X