Penghubung Komikus dengan Penggemar - Kompas.com
Komik Online

Penghubung Komikus dengan Penggemar

Kompas.com - 16/04/2011, 15:24 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Komikus Indonesia kini tak perlu sulit mempublikasikan karyanya dalam bentuk buku. Karya anda bisa dinikmati pecinta komik secara online. Wisnu Manupraba, salah seorang pendiri Ngomik.com berbagi cerita seputar website miliknya kepada KOMPAS.com saat ditemui usai Pitching dengan para investor di kantor Microsft Indonesia, Jakarta, Sabtu (9/4/2011).

Ngomik.com adalah situs yang menyediakan layanan upload komik bagi komikus dan baca komik bagi para penggemar komik. Untuk bisa membaca komik di situs ini tidak diperlukan login. Saat masuk di homepage langsung tersedia genre komik yang bisa dipilih. Setelah memilih genre, pengguna dapat memilih judul komik yang taersedia, lalu mulai dapat membaca komik tanpa harus mendownload.

"Ngomik.com adalah platform yang menjembatani antara komikus dengan para pembaca komik. Selama ini kami melihat, komikus Indonesia sulit mendapat akses untuk mempublikasikan karya mereka. Kami menciptakan alternatif bagi mereka untuk mempublikasikan secara online baik melalui web di komputer, maupun aplikasi mobile," ujar Wisnu.

Komik-komik yang tersedia di Ngomik.com terdiri atas dua kategori yaitu free dan premium. Untuk yang free, pengguna bisa membaca komik tanpa harus login terlebih dahulu dan tanpa perlu men-download karena komik bisa langsung dibaca di web. Namun untuk kategori premium, pengguna harus memiliki koin untuk bisa membeli komik dan membacanya. Koin bisa diperoleh dengan mentransfer sejumlah uang ke rekening yang sudah ditentukan.

"Free atau premium itu ditentukan oleh komikusnya, apakah dia ingin komiknya dibaca gratis, atau berbayar," tambah Wisnu. Kendala yang dialami dalam pengembangan web diakui Wisnu adalah masalah infrastruktur. "Postingan konten masih menghabiskan banyak uang dan hingga kini kami belum mendapat uang dari hasil mengembangkan Ngomik.com," kata Wisnu.

Selain infrastruktur yang mahal, Ngomik juga mendapat kendala dalam hal transfer uang untuk mendapatkan koin agar pengguna bisa membaca komik premium. "Kami sedang coba atur lagi mekanismenya, terutama untuk pengguna aplikasi mobile. Ke depan kami ingin bekerja sama dengan provider telepon agar pembelian koin bisa dilakukan dengan pemotongan pulsa agar lebih mudah," tambah Wisnu.

Meski mengalami berbagai kendala, web yang sudah online beta sejak tahun 2010 ini, telah memiliki total jumlah pengguna sebanyak 2.700 orang dengan 500 orang komikus Indonesia yang aktif meng-upload komik. Tahun 2011, Ngomik.com juga memangkan kompetisi bisnis berbasis teknologi, IMulai 3.0 yang diselenggarakan Microsoft Indonesia dan USAID.

Ngomik.com merupakan salah satu divisi dalam perusahaan Javan IT Service. Perusahaan ini didirikan tahun 2009 oleh beberapa orang alumni Teknik Informatika ITB. Perusahaan ini fokus mengembangkan aplikasi web dan mobile berbasis Open Source dan dukungan teknis untuk penggunaan aplikasi Open Source. Perangkat lunak dan teknologi Open Source yang digunakan dan disupport oleh Javan IT Service diantaranya Java, PHP, CakePHP, Codelgniter, Yii Framework, dan MySQL.


EditorPepih Nugraha

Close Ads X