Nintendo Wii U, Konsol Sekaligus Kontroler

Kompas.com - 08/06/2011, 10:30 WIB
EditorTri Wahono

LOS ANGELES, KOMPAS.com - Tak mau kalah dengan rivalnya, Sony yang baru merilis konsol game portable PlayStation Vita, Nintendo pun merilis pesaingnya. Namanya Wii U, konsol game portable berbasis layar sentuh, Selasa (7/6/2011) di Electronic Entertainment Expo, Los Angeles, AS.

Sekilas bentuk dan ukurannya mirip tablet komputer dengan layar 6,2 inci. Menu-menu navigasi sama seperti Nintendo Wii termasuk kendali gerak, termasuk tambahan kamera, mikrofon, danm speaker. Layarnya menyediakan kualitas grafis high definition.

Tidak hanya bisa memainkan game langsung di layar. Lewat koneksi nirkabel, konsol game tersebut juga dapat difungsikan menjadi kontroler dan tampilan layar bisa disajikan lebih besar di monitor LCD.

Namun, buat Anda yang tertarik mencicipi perangkat baru yang inovatif ini harus bersabar. Nintendo baru berencana merilisnya mulai tahun 2012 mendatang. Belum ada kabar berapa harga yang akan dibanerol untuk konsol game tersebut.

"Dengan Wii U, pengalaman (bermain game) akan lebih puas dan banyak pilihan. Anda akan melihat cara bermain game yang berbeda," kata Satoru Iwata, Presiden Nintendo. Tapi, sayangnya Nintendo belum mengungkap game apa saja yang akan berjalan di Wii U.

Hadirnya Wii U bakal memperkuat posisi Nintendo di pasar video game. Nintendo merupakan pemimpin pasar konsol video game di AS. menurut data NPD, Nintendo Wii telah terjual 35,5 juta unit, disusul XBox 360 dari Microsoft yang terjual 27 juta unit, kemudian PlayStation 3 dari Sony yang terjual 16,7 juta unit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.