Pakai Nama iCloud, Apple Digugat

Kompas.com - 13/06/2011, 14:34 WIB
EditorTri Wahono

SAN FRANCISCO, KOMPAS.com — Penggunaan merek iCloud oleh Apple untuk layanan berbasis cloud terbarunya ternyata berbuntut masalah. Nama tersebut sudah lebih dulu digunakan iCloud Communications, sebuah perusahaan di Arizona, AS, yang bergerak di bidang telekomunikasi.

Perusahaan tersebut pun mengajukan gugatan terhadap Apple ke pengadilan. Mereka telah menggunakan nama iCloud untuk menamai model pengiriman data komputer dan elektronik jauh-jauh hari sebelum Apple menggunakannya mulai 6 Juni 2011.

iCloud Communications merasa dirugiakan secara bisnis terhadap penggunaan nama tersebut. Keresahan yang menjadi dasar gugatan adalah, saat ini merek iCloud langsung diasosiasikan ke Apple ketimbang iCloud Communications.

Dalam gugatan itu, Apple didesak menghentikan penggunaan merek tersebut, baik di semua perangkat maupun media promosinya. Selain itu, iCloud Communications juga menggugat sejumlah uang atas potensi kerugian yang sudah dialami akibat penggunaan merek iCloud oleh Apple. Tidak disebutkan berapa besar nilai tuntutan tersebut.

Bukan kali ini saja Apple mendapat gugatan soal penggunaan merek orang lain. Nama iPhone dan iPad juga mengalami hambatan serupa. Bahkan pada tahun 1970-an, penggunaan nama Apple digugat oleh Apple Corp yang merupakan perusahaan rekaman untuk grup musik Beatles.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.