Pertarungan iPhone vs Android Makin Ketat

Kompas.com - 30/06/2011, 22:38 WIB
EditorRobert Adhi Kusumaputra

KOMPAS.com - Satu tahun berlalu dan Apple tanpa iPhone terbaru. Menurut survei terkini dari Nielsen, di antara pembeli ponsel pintar di Amerika, jumlah pembeli iPhone meningkat, meskipun penggunaan ponsel dengan sistem operasi Android secara total melebihi iPhone.

"Android tetap menjadi sistem operasi ponsel cerdas paling populer, dan 38 persen dari konsumen ponsel cerdas memiliki perangkat Android," demikian Nielsen.

Sementara Android memimpin di antara mereka yang membeli ponsel cerdas baru, iPhone juga menunjukkan pertumbuhan paling cepat dalam beberapa bulan terakhir.

Tweet belum lama ini dari bos Android Andy Rubin menyebutkan, perusahaan itu sedang melihat 500.000 perangkat Android diaktifkan di seluruh dunia setiap hari. Angka ini meningkat dibandingkan angka sebulan yang lalu, 400.000 per hari. Sungguh menarik melihat bagaimana angka-angka ini terus naik tajam dalam bulan-bulan mendatang.

Apple diharapkan meluncurkan perangkat keras baru dengan iOS 5 pada musim gugur ini, sedangkan Android bersiap merilis Ice Cream Sandwich, dan Microsoft siap dengan Windows Phone yang berbasis pada Mango, dengan memperbarui sistem operasi. Menurut Nielsen, pembelian Windows 7 masih sekitar satu persen dari jumlah pembelian ponsel.

Secara keseluruhan, tentu saja, kecenderungan menuju ponsel cerdas makin kuat dibandingkan perangkat ponsel yang sederhana. Nielsen mengatakan, 55 persen dari mereka yang membeli handset dalam tiga bulan terakhir ini, membeli ponsel cerdas, dan hanya sepertiga membeli ponsel baru satu tahun yang lalu. (AllThingsD/KSP)

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.