Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yang Harus Anda Ketahui tentang Sistem Operasi Tablet (3)

Kompas.com - 07/07/2011, 20:54 WIB

KOMPAS.com - Gelombang pertama tablet dengan produk seperti iPad dan Samsung Galaxy, dilihat seperti perangkat ponsel cerdas dengan layar lebar.

Pada platform iOS dan Android 3.0 (Honeycomb) yang baru, antarmuka pengguna dioptimalkan. Aplikasi baru tidak hanya menampilkan kolom-kolom mutiple, tapi juga memiliki resolusi tinggi.

Berikut ini empat platform paling sering ditemukan di tablet-tablet saat ini

(3) HP webOS

Diciptakan oleh Palm (yang sekarang sudah mati), sistem operasi webOS dibeli oleh HP dan TouchPad adalah tablet pertama yang menggunakan platform ini.

KEUNTUNGAN
Antarmuka Unique Stack

WebOS membuat setiap aplikasi menumpuk satu sama lain. Ini merupakan metode yang jauh lebih intuitif untuk beralih ke antaraplikasi, dan inilah yang membedakannya dengan platform lainnya.

Terintegrasi dengan ponsel cerdas

HP webOS Menggunakan Bluetooth, Anda dapat mentransfer panggilan dan SMS dari ponsel cerdas HP ke tablet. URL juga dengan mudah dibagi antarperangkat, dan Anda dapat melanjutkan menjelajah.

Keyboard yang Dapat Diubah Ukurannya

Fitur unik dari keyboard virtual ini dapat diubah ukurannya sesuai dengan ukuran tangan dan gaya mengetik pengguna tablet.

KEKURANGAN
Aplikasi relatif lebih sedikit

Ada jeda antara pembelian Palm dan peluncuran tablet pertama webOS ini. Hal ini mengakibatlan HP masih harus merayu pengembang kembali kep platform dan mengembangkan aplikasi untuk webOS kembali.

Adobe Flash Lamban
Jika Anda bermain game dengan Flash, Anda mungkin mendapatkan pengalaman yang kurang menyenangkan.

webOS tersedia di tablet
HP TouchPad

(CNet/KSP) -- Bersambung

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com