Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yang Harus Anda Ketahui tentang Sistem Operasi Tablet (4)

Kompas.com - 07/07/2011, 21:12 WIB

KOMPAS.com - Gelombang pertama tablet dengan produk seperti iPad dan Samsung Galaxy, dilihat seperti perangkat ponsel cerdas dengan layar lebar.

Pada platform iOS dan Android 3.0 (Honeycomb) yang baru, antarmuka pengguna dioptimalkan. Aplikasi baru tidak hanya menampilkan kolom-kolom mutiple, tapi juga memiliki resolusi tinggi.

Berikut ini empat platform paling sering ditemukan di tablet-tablet saat ini

(4) RIM BlackBerry Tablet OS

Dibangun untuk mendukung layanan BlackBerry, platform RIM merupakan pendamping yang bagus untuk pengguna ponsel cerdas saat ini, namun merasa tidak lengkap sebagai tablet mandiri.

KEUNTUNGAN
Kinerja Cepat

Seperti iOS, RIM melakukan hal yang benar, membuat antarmuka bergairah dan rapi dengan isu manajemen memori.

Antarmuka berbasis gerakan

Lupakan tombol fisik, PlayBook menggunakan gerakan untuk membawa pengguna kembali ke home screen serta beralih antaraplikasi yang terbuka.

Transfer data nirkabel

Setelah menghubungkan PlayBook dengan PC Anda, ini akan menciptakan virtual drive di desktop Anda uang memungkinkan Anda mentransfer file secara nirkabel ke tablet

KEKURANGAN
Aplikasi sedikit

Sebagai platform baru, tidak heran jika aplikasi di tablet Playbook relatif sedikit. Namun RIM mengklaim pihaknya membuat PlayBook kompatibel dengan program tertentu Android

Tak miliki Manajemen Informasi Personal
Playbook tidak memiliki program mandiri untuk email, kalender, dan kontak-kontak Anda. Jadi, jika Anda tidak memiliki handset RIM, tablet PlayBook Anda terasa tidak lengkap.

BlackBerry Tablet OS tersedia di

BlackBerry PlayBook
(CNet/KSP)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com