Esia Perkenalkan Tarif Facebook Per Karakter

Kompas.com - 08/08/2011, 16:54 WIB
EditorRobert Adhi Kusumaputra

JAKARTA, KOMPAS.com -  Operator Esia terus melanjutkan inovasi untuk memperbesar basis pelanggan sekaligus memperluas akses masyarakat terhadap layanan telekomunikasi yang murah dan andal. Inovasi terbaru yang diperkenalkan Esia adalah tarif murah facebook SMS Rp 1 per karakter.

Inovasi ini memungkinkan pelanggan Esia mendapat layanan tarif yang lebih ekonomis dengan Rp 1 per karakter untuk aktivitas facebooknya. Perhitungan per karakter via SMS ini juga menjadikan semua orang dapat mengakses facebook dari semua jenis ponsel tanpa harus memiliki telepon pintar (smartphone)

Penerapan tarif baru khusus untuk facebook SMS merupakan kelanjutan gebrakan tarif serba Rp 1 yang diperkenalkan Esia tahun 2008 lalu. Tarif ini juga merupakan inovasi pertama di dunia dimana pelanggan Esia tidak perlu lagi berlangganan mingguan atau harian untuk mendapatkan layanan facebook SMS.

Tarifnya pun mengikuti inovasi tarif murah yang selama ini digunakan untuk SMS yaitu Rp 1 per karakter. Bukan tariff premium seperti ya ng selama ini diterapkan oleh operator lain. Memudahkan sekaligus menyederhanakan tariff untuk bisa diingat dan dipahami masyarakat.

"Semuanya serba Rp 1. Bahkan untuk layanan facebook yang kini begitu banyak peminatnya di Indonesia mereka cukup ingat satu angka satu tarif yaitu Rp 1," kata Erik Meijer, Wakil Direktur Utama PT Bakrie Telecom Tbk, Senin (8/8/2011) dalam rilisnya.

Lewat tarif facebook ini Esia berupaya untuk menarik minat pengguna facebook yang kini telah mendekati angka 40 juta orang (www.checkfacebook.com ). Sementara data penjualan handset ritel selama 12 bulan terakhir yang dipublikasikan oleh GFK (Gessellschaft für Konsumforschung , sebuah lembaga riset independent multinasional) penjualan Smartphone baru sekitar 17 persen dari total penjualan handset atau sekitar 7 juta.

Mengingat kebutuhan masyarakat untuk bersosialisasi melalui facebook semakin besar dan masih banyak pengguna facebook yang bukan pengguna smartphone maka Esia mengembangkan inovasi terbaru ini. Kini mereka memiliki kesempatan untuk tetap bisa mengupadate dan memberikan comment status dengan cara yang mudah dan praktis karena menggunakan SMS. Dengan layanan ini, orang dengan handphone biasa pun dapat mengakses facebook , kata Erik.

"Hasil ujicoba layanan ini oleh Esia juga memperlihatkan respon positif dari pelanggannya. Telah terjadi lonjakan trafik facebook SMS 200 persen hanya dalam waktu 2 minggu sejak diperkenalkan saat softlaunching tanggal 15 Juli 2011. Dengan data dan uji coba ini kami yakin banyak pengguna Esia yang akan memanfaatlkan layanan facobook via SMS," ujar Erik.

Tarif Rp 1 per karakter ini juga mengakibatkan biaya facebook menjadi jauh lebih murah dan adil. Sebelumnya tarif facebook yang diterapkan operator lain berdasarkan waktu atau banyaknya SMS yang masuk. Ada yang tarifnya Rp 1500/minggu (sebelum PPN) ada pula yang Rp 100/sms. Padahal meskipun jumlah pengguna facebook sangat besar, tapi rata-rata pengguna facebook di Indonesia hanya mengunjungi facebook 7 kali dalam sebulan (Kompas.com, 17 April 2011).

Jadi terlihat biaya yang harus ditanggung pelanggan justru jauh lebih mahal dibanding tarif Rp 1 per karakter. Esia menyadari hal ini dan berupaya memberikan solusi cerdas yang menguntungkan masyarakat , kata Erik.

 



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X