Saham Apple Sempat Terjengkang

Steve Jobs Mundur sebagai CEO Apple

Kompas.com - 25/08/2011, 08:47 WIB
EditorErlangga Djumena

SAN FRANCISCO, KOMPAS.com — Akhirnya Steve Jobs mengundurkan diri sebagai Chief Executive Officer Apple Inc pada Rabu (24/8/2011) waktu setempat, setelah sukses membangun perusahaan raksasa teknologi tersebut selama 14 tahun.

Ikon industri teknologi itu baru saja mengumumkan dirinya akan digantikan oleh pewaris lama, Tim Cook. Jobs yang dikabarkan menderita kanker pankreas telah mengambil cuti medis sejak 17 Januari lalu.

"Saya selalu mengatakan jika suatu hari saya tidak bisa lagi memenuhi kewajiban dan harapan sebagai CEO Apple, saya akan menjadi orang pertama yang memberitahu Anda. Sayangnya, hari itu telah tiba," ujar Jobs dalam surat pengunduran dirinya.

CEO berusia 55 tahun itu sebelumnya sempat muncul di tengah cuti medisnya pada Maret lalu untuk mengumumkan versi terbaru dari iPad. Penampilannya yang terlihat kurus memicu pertanyaan terkait kesehatan dan kemampuannya untuk terus di Apple.

Namun, pasar tidak mengekspektasi hal itu. Ada kekhawatiran pengunduran diri Jobs bisa menggagalkan rencana peluncuran produk-produk baru Apple, termasuk iPhone terbaru pada bulan September dan versi ketiga dari tablet iPad pada 2012.

"Saya akan mengatakan kepada investor, jangan panik dan tetap tenang. Itu hal yang tepat dilakukan, Jobs akan menjadi ketua dan Cook sebagai CEO," kata analis BGC Financial, Colin Gillis.

Di Wall Street, saham Apple sempat tumbang 7 persen setelah Jobs mengumumkan pengunduran dirinya. Saham teknologi terkemuka ini akhirnya berhasil bangkit dan ditutup naik 0,7 persen di Nasdaq.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.