Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hatta Rajasa Pakai Produk Apple sejak 1980

Kompas.com - 07/10/2011, 20:41 WIB

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com — Wafatnya pendiri Apple, Steve Jobs, memberikan kesan mendalam bagi Hatta Rajasa, Menteri Koordinator Perekonomian. Pasalnya, Hatta adalah pengguna produk Apple sejak tahun 1980.

Selain perlu diingat karena Jobs merupakan pendiri perusahaan besar, Hatta juga mendorong para pengusaha muda meneladani perilaku Jobs sepanjang hidupnya.

Salah satunya adalah sikap Jobs yang tidak hanya menjual produk, tetapi membuat bagaimana orang mengerti dengan signifikansi produk yang dihasilkannya.

"Jobs juga menginspirasi kita untuk bermimpi dan mewujudkan mimpi itu. Mimpi itu dibutuhkan bagi calon enterpreneur karena menjadikannya semakin kreatif. Kreativitas yang terbentuknya tak terbatas," ujar Hatta di Serpong, Tangerang Selatan, Jumat (7/10/2011).

"Banyak orang yang merasakan kehilangan Jobs. Saya sebagai seorang pengguna Apple mulai 1980-an sampai saya gunakan Macbook saat ini," katanya ketika berorasi di hadapan Peserta Pelatihan Wirausaha Ondustri Inovatif di Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspiptek) Serpong.

Menurut Hatta, ketika Jobs wafat, mulai dari pebisnis pemula hingga Presiden AS Barack Obama berduka dan merasa kehilangan. Alasannya, Jobs bukan hanya menjual sebuah produk Apple, melainkan menjual sebuah mimpi bagi generasi pemimpi. Sikap Jobs itu, kata dia, mengubah cara pandang manusia melihat dunia.

"Tugas kita adalah bagaimana kita kemudian mampu menjadi pemimpi-pemimpi yang mampu mengubah cara pandang kita melihat dunia," katanya.

Hatta menuturkan, manusia akan mampu menghargai orang lain dan menghargai sebuah kreativitas dan inovasi manakala ia melihat proses pembuatan produk itu. Kelemahan manusia itu terkadang tidak sabar untuk melihat sebuah proses yang menghasilkan sebuah karya besar.

Wirausahawan harus belajar dari Jobs, terutama karena Jobs tidak langsung sukses, bahkan pernah diusir dari perusahaannya karena terlalu kreatif. "Wirausahawan tidak pernah mengeluh, bangkit manakala jatuh," kata Hatta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com