Suksesi

Virginia Rometty, CEO Wanita Pertama IBM

Kompas.com - 26/10/2011, 10:49 WIB
EditorErlangga Djumena

NEW YORK, KOMPAS.com — International Business Machines (IBM) Corp, Selasa (25/10/2011) waktu setempat, menunjuk Virginia “Ginni” Rometty sebagai Chief Executive Officer (CEO) untuk menggantikan Sam Palmisano. Penunjukan ini menjadikan Rometty sebagai wanita pertama yang menduduki kursi nomor 1 dalam 100 tahun sejarah perusahaan teknologi itu.

Rometty yang saat ini merupakan kepala penjualan dan pemasaran IBM akan efektif menjadi presiden dan CEO pada 1 Januari 2012. Sementara Palmisano yang sudah menjadi CEO sejak 2002 akan tetap menjadi chairman dalam dewan perusahaan.

Pengalaman wanita berumur 54 tahun yang juga menjabat senior vice  president IBM ini, dinilai sejalan dengan arah strategi Palmisano. Tahun lalu, Palmisano mengatakan, pendapatan IBM akan bertambah 20 miliar dollar AS antara tahun 2010 dan 2015 dengan mengembangkan pasar seperti cloud computing dan analisis.

"Kami telah menghabiskan waktu satu dekade untuk mengembangkan strategi kami dalam empat sektor penting, dan saya akan melanjutkannya. Ini adalah fondasi dari strategi pertumbuhan kami," ungkap Rometty dalam wawancara, seperti dikutip Bloomberg.

Menurut Profesor Harvard Business School yang juga salah seorang eksekutif IBM, Rosabeth Kanter, penunjukan Rometty merupakan hasil dari kehati-hatian dan perencanaan panjang dari dewan perusahaan. "Rometty tidak hanya memegang berbagai posisi kunci selama kariernya di IBM, ia juga mendapatkan bimbingan dan pengaruh untuk menjadi pemimpin dunia, yang penting bagi masa depan IBM," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.