Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pencahayaan Tepat di Dapur Modern

Kompas.com - 27/10/2011, 14:25 WIB

KOMPAS.com — Salah satu hal paling esensi dalam tata dapur modern adalah pencahayaan yang tepat. Fungsinya, selain mendukung penerangan saat penghuni rumah beraktivitas, pencahayaan juga dapat mempercantik tampilan dapur.

Pencahayaan ideal untuk area dapur adalah penerangan yang baik, tidak temaram, tetapi juga tak terlampau terang menyilaukan. Selain menggunakan lampu jenis downlight, biasanya penambahan lampu hias sesuai selera juga dapat menambah daya tarik tersendiri.

Untuk tujuan tersebut, Anda tinggal menyesuaikan jenis lampu dengan desain dapur modern di rumah. Umumnya di Indonesia, dapur dirancang berdesain minimalis atau modern kontemporer. Oleh karena itu, lampu yang digunakan pun berupa lampu minimalis dengan model simpel atau lampu berdesain moden kontemporer. 

Di dapur modern selayaknya ada dua konsep penerangan, yaitu yang menyeluruh dan terfokus. Penerangan menyeluruh tentu untuk menerangi seluruh ruang, sementara penerangan terfokus untuk membantu kelancaran aktivitas memasak dan di atas meja dapur.

Untuk penerangan menyeluruh, Anda bisa memilih lampu berjenis linier atau memanjang. Lampu ini akan memberikan efek menyebar, hingga ruangan terang merata. Contoh lampu TL (tube lamp) atau flourescent tube alias neon.

Namun, di Indonesia biasanya rumah didominasi oleh warna-warna hangat, seperti coklat atau kuning. Sebaliknya, jika interior rumah didominasi warna putih atau warna-warna cerah, tentu akan lebih pas jika cahaya berwarna putih yang diaplikasikan di sana.

Penataan lampu juga sebaiknya disesuaikan dengan atmosfer yang ingin Anda tampilkan. Hal ini tentu berkaitan dengan tatanan interior ruangan. Suasana lebih hangat dan akrab bisa Anda dapatkan dengan cahaya berwarna kekuningan, sedangkan cahaya berwarna putih lebih berkesan terang, ceria, dan bersemangat.

Kedua poin di atas harus menjadi pertimbangan secara bersamaan, tidak bisa hanya mempertimbangkan salah satu poin saja. Jika Anda memang menyukai kesan hangat dan akrab, maka penataan interiornya pun pasti akan disesuaikan, begitu pula dengan pencahayaannya. Kini, selain dapur jadi hangat, aktivitas memasak pun lebih bersemangat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com